Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda menggelar pelayanan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP), salah satunya mengoptimalkan secara rutin Program  Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) kategori Lanjut Usia (Lansia).

"Seperti komitmen kami, Lapas Narkotika Samarinda yang terus memperhatikan para lansia di sini melalui program Posyandu Lansia, kiranya dengan program ini dapat membuat mereka dapat merasa tenang dan nyaman selama menjalani masa pidana," ucap Kalapas Narkotika Samarinda Hidayat di Samarinda, Jumat.

Ia menjelaskan, kegiatan Posyandu diawali dengan diskusi dan sharing oleh Kasi Binadik Lapas Narkotika Samarinda J Kasogi Surya Fattah, di dampingi dokter Ivana serta tim tenaga kesehatan.

Dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan yang secara rutin dilaksanakan oleh pihak Klinik Lapas Narkotika Samarinda, setelah pengecekan kesehatan diteruskan dengan penyuluhan kesehatan terkait penyakit diabetes militus oleh dokter Ivana.

“Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan rutin yang diikuti dengan sangat antusias oleh para warga binaan lansia, setelah itu kegiatan ditutup dengan pembagian makanan tambahan berupa bubur ayam,” tutur Hidayat.

Ia mengemukakan bahwa seluruh kegiatan berdasarkan dengan keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-35.OT.02.02 tahun 2022 tentang pedoman pemberian layanan makanan tambahan bagi kelompok berkebutuhan khusus.

Dengan adanya program ini kiranya warga binaan lansia dapat terus sehat dan bahagia selama menjalani masa pidana di Lapas Narkotika Samarinda.

Kegiatan tersebut bertempat di area Pos Pelayanan Terpadu Bimbingan Pemasyarakatan (Posyandu Binpas), dikoordinir oleh Kasi Binadik dan jajaran tenaga kesehatan lingkungan Lapas Narkotika Samarinda, sekaligus menyapa warga binaan lansia.

Sebelumnya, Lapas Narkotika Kelas II A Samarinda terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan menghadirkan dokter yang di tempatkan di blok hunian guna mempermudah pemeriksaan kesehatan bagi narapidana di lokasi Lapas.

"Dengan kehadiran dokter, kami harapkan seluruh warga binaan dapat lebih rutin lagi melakukan pengecekan kesehatan tanpa harus berjalan jauh," terang Kalapas Narkotika Samarinda Hidayat.

Seperti saat ini tindakan nyata jajaran Klinik Lapas Narkotika Samarinda melakukan jemput bola dalam layanan kesehatan, dokter beserta perawat lapas melakukan pengecekan kesehatan, layanan kesehatan tersebut merupakan pengecekan dasar yang akan ditindaklanjuti ke tingkat selanjutnya.

"Selain pengecekan kesehatan, para warga binaan juga diberikan kesempatan untuk konsultasi seputar kesehatan lainnya," sebut Hidayat.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023