Sejumlah informasi seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (16/4), mulai dari penumpang yang mengular panjang di area check in Bandara APT Pranoto Samarinda, hingga sebanyak 1972 penumpang kapal mudik ke Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Antrean panjang di Bandara Samarinda

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda menyampaikan situasi di lokasi Bandara yang mulai ramai oleh para pemudik, dengan antrian pemudik terlihat mengular panjang pada area pelayanan check in.

Disampaikannya, penumpukan penumpang di mulai pada Sabtu (15/4) dan sudah mulai mengantri panjang saat peak hour atau jam-jam sibuk, yaitu di pagi hari antara pukul  07.00-10.00 WITA dan siang hari sekitar pukul  12.00-14.00 WITA.


Selengkapnya silahkan diklik.

2. Atur posko di pusat perbelanjaan

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda mulai mengatur posko pelayanan di pusat- pusat perbelanjaan sebagai antisipasi masyarakat berkerumun menjelang lebaran dan juga arus mudik dari daerah lain ke Samarinda.

Operasi Ketupat memang setiap tahun selalu dilaksanakan dalam upaya mengamankan dan menertibkan lalu lintas pada arus mudik dan arus balik di Kota Samarinda. Direncanakan  personel kepolisian akan mulai Operasi Ketupat sekitar tanggal 17 April 2023, dengan didahului Apel Operasi Ketupat yang dipimpin Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Waspada cuaca buruk saat mudik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mengimbau agar pemudik Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mewaspadai cuaca buruk dan titik rawan bencana di daerah itu.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar waspada menghadapi cuaca buruk, peluang cuaca buruk itu berlangsung sore dan malam hari. Diharapkan pemudik dapat waspada dan mematuhi imbauan menyangkut cuaca buruk agar tidak menimbulkan kecelakaan diperjalanan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Terminal Samarinda Seberang siapkan delapan bus ke Banjar

Terminal Kelas A Samarinda Seberang, Kaltim, menyiapkan total delapan bus bermuatan 44 kursi  per armada seiring dengan bertambahnya jumlah pemudik yang akan berangkat dengan rute ke Banjarmasin.

Untuk  armada bus yang diturunkan saat ini berasal dari tiga perusahaan otobus (PO), yakni PO Samarinda Lestari dan PO  Bintang Mas, PO Pulau Indah Jaya,  dengan fasilitas bus terdiri dari 44 kursi, air conditioner (AC) dan juga didukung toilet di dalamnya.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. 1.972 pemudik kapal ke Pare-Pare

Sebanyak 1.972 pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur menuju Pare-Pare, Sulawesi Selatan, yang berasal dari berbagai daerah di Kaltim seperti Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kota Bontang, dan Samarinda.

Pihak Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Kelas II Samarind bersyukur karena dalam proses menaikkan penumpang untuk musim mudik lebaran kali ini lebih tertib ketimbang tahun lalu, sehingga diharapkan prestasi ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pemudik

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023