Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, meningkatkan patroli mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Kami sudah mengecek titik-titik rawan jalur mudik dan balik Lebaran, kami pasang spanduk peringatan di titik rawan," ujar Kasatlantas Polres Penajam Paser Utara, AKP Ning Tyas Widyas Mita di Penajam, Sabtu 
 
Pengamanan pada saat mudik dan balik Lebaran diupayakan dimaksimalkan, lanjut dia, dengan meningkatkan patroli untuk mengantisipasi gangguan dan menekan atau meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.
 
Gangguan yang diantisipasi diantaranya potensi kemacetan, kepadatan kendaraan maupun mobilitas masyarakat yang berlebihan, serta antrean panjang di tempat istirahat (rest area) dan SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).
 
Mobilitas atau pergerakan masyarakat pada Lebaran tahun ini (2023) diprediksi bakal mengalami peningkatan dibanding Lebaran sebelumnya.
 
Apalagi pandemi COVID-19 sudah semakin melandai sehingga pemerintah pusat juga memberikan kelonggaran aturan perjalanan.
 
"Kami patroli dari pagi, siang, sore, malam hingga dini hari, dan diprediksi tahun ini terjadi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran," tambahnya.
 
Patroli lebih ditingkatkan bukan saja untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran, namun juga mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di jalan.
 
Personel berpatroli tidak hanya memantau dan mengamankan arus mudik dan balik Lebaran, jelas dia, tetapi juga melakukan deteksi dini terhadap masalah ketertiban dan kejahatan di jalan.
 
"Kami juga maksimalkan upaya antisipasi untuk penanganan terjadinya kemacetan saat libur Lebaran," kata Ning Tyas Widyas Mita.
 
Masyarakat diimbau untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, dan kepolisian bakal menindak tegas pelanggaran pengendara yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023