Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Jumat (14/4), mulai dari Bandara APT Pranoto Samarinda mengklaim rute Surabaya dan Yogyakarta full sampai lebaran, hingga Dinas Perhubungan Paser periksa kendaraan antisipasi kecelakaan pada arus mudik.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Tiket penerbangan Bandara Samarinda full hingga lebaran

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda menerangkan bahwa tiket penerbangan untuk rute dari Samarinda ke Surabaya dan Samarinda ke Yogyakarta sudah habis terjual hingga lebaran.

untuk rute penerbangan terbanyak dari Bandara Samarinda adalah rute keberangkatan menuju ke  Surabaya dan Jakarta, sementara yang menuju Yogyakarta masih belum banyak. Sementara ini jumlah penumpang yang tercatat per harinya rata – rata sekitar 2.000 hingga 2.300 penumpangan pesawat.


Selengkapnya silahkan diklik.

2. Beda desa dan kelurahan

Pejabat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur (DPMPD Kaltim) menyatakan, desa dan kelurahan meski berada dalam satu level, namun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, salah satunya adalah pada otonomnya.

Perbedaan lain antara desa dan kelurahan adalah, desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat berdasarkan asal usul dan adat istiadat, sedangkan kelurahan bukan kesatuan masyarakat hukum.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Larangan ASN Samarinda mudik dengan mobil dinas

Wali Kota Samarinda Andi Harun melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mudik menggunakan kendaraan dinas baik mobil maupun sepeda motor dalam merayakan libur Idul Fitri 1444 H dan apabila masih ada yang melanggar akan dikenai sanksi.

Larangan mudik menggunakan kendaraan dinas ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu dan merupakan larangan tiap tahun, yakni larangan yang dikuatkan dengan surat edaran, sehingga dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengeluarkan surat edaran tentang larangan tersebut.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Pertanyakan komitmen Pemda Paser soal lingkungan

Elemen Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Paser, Kaltim, mempertanyakan komitmen pemerintah daerah setempat terhadap pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

Diskusi publik yang dirangkai dengan buka bersama di selenggarakan oleh Aliansi Aktivis Paser.  Hadir sebagai narasumber dalam diskusi publik ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser Achmad Safari dan Wakil Ketua Komisi III  DPRD Paser Basri Mansur..

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Pemeriksaan kendaraan jelang lebaran

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, melakukan pemeriksaan terhadap 273 unit angkutan umum dan angkutan karyawan untuk mengantisipasi keselamatan jelang Hari Raya Idul Fitri.

tujuan pemeriksaan  untuk meningkatkan keselamatan dan meminimalkan tingkat kecelakaan lalu lintas akibat adanya  peningkatan arus kendaraan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023