Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Kamis (13/4), mulai dari Jaksa Agung Muda Intelijen Amir Yanto pimpin rapat membahas permasalahan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga kedatangan Senator Amerika Serikat ke Kaltim disambut Gubernur Isran Noor meyakinkan IKN ramah lingkungan.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. JAM Intelijen bahas pengawalan IKN

Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Amir Yanto memimpin rapat pembahasan permasalahan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), bertempat di Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) yang diikuti Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim melalui zoom meeting, Selasa lalu.

Adapun pembahasan rapat tersebut terkait percepatan pengadaan/pembebasan lahan dan pasokan material atas proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikemukakannya, saat ini sedang dilakukan pengamanan pembangunan strategis sebanyak 68 kegiatan dengan nilai anggaran sekitar Rp23,6 triliun.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Sidak pasar di Paser

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Penyemboloum Senaken dan sejumlah toko modern di Tanah Grogot untuk memastikan ketersediaan sembako.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf yang juga turut dalam kegiatan sidak mengatakan hasil sidak di Pasar Senaken, harga kebutuhan pokok relatif normal.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Anggaran peremajaan sawit Kaltim Rp197,3 miliar

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) pada tahun anggaran 2023 melakukan peremajaan kelapa sawit pada perkebunan milik masyarakat seluas 1.000 hektare (ha), dengan anggaran Rp197,3 miliar.

Anggaran sebesar Rp197,3 miliar untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) itu berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), yakni lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI dan semuanya berada di Kabupaten Paser, daerah yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Legislator Kaltim kecewa bankeu Kukar hanya Rp38 miliar

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ely Hartati Rasyid asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Barat  menyatakan kecewa atas bantuan keuangan (Bankeu)  yang diberikan Pemerintah Provinsi Kaltim kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada anggaran 2023 hanya  sekitar Rp38 miliar.

Ia menilai, angka tersebut terlalu kecil dan tidak sebanding dengan kontribusi Kabupaten Kukar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltim. Politisi PDI Perjuangan itu menuturkan seharusnya besaran Bankeu  untuk Kukar harus ditingkatkan agar lebih berkeadilan.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Gubernur Kaltim sambut Senator AS

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor meyakinkan kepada Senator dan Delegasi Amerika Serikat bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menerapkan konsep ramah lingkungan dan tidak akan merusak kawasan hutan.

Kedatangan Delegasi Amerika Serikat ke Kalimantan Timur dipimpin oleh Senator Jeff Merkley (Oregon) didampingi Senator Chris Van Hollen (Maryland) dan perwakilan dari beberapa negara bagian di Amerika Serikat dalam rangkaian kunjungan ke Borneo Orangutan Survival (BOS) di Samboja, Kutai Kartanegara.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023