Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Kamis (6/4), mulai dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Dayak di Samarinda, hingga sembilan daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir pada Jumat-Sabtu.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Menteri ATR serahkan sertifikat tanah door to door ke warga Dayak

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menyerahkan 15 Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah kepada warga Dayak di Kelurahan Budaya Pampang Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Ia berkesempatan menyerahkan SHM secara door to door kepada masyarakat Dayak setempat.

Ia menyampaikan, dari hasil komunikasi dengan lurah setempat, pemenuhan SHM kepada  warga di wilayah Kelurahan Budaya Pampang masih 60 persen, sehingga 40 persen sisanya bisa dituntaskan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dengan skema sertifikat massal..

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Polisi kawal pengendalian inflasi Samarinda

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda ikut andil dalam mengawal pengendalian inflasi daerah selama bulan Ramadhan, apalagi menjelang lebaran, salah satunya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pagi kota setempat.

Dari tinjuan di lapangan, Kapolresta menemukan kenaikan pada beras, udang dan daging sapi. Namun untuk harga cabe mengalami penurunan, tetapi secara umum harga masih terkendali, serta pergerakan kenaikan harga barang masih tergolong wajar.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Sosialisasi bahaya narkoba di pelabuhan

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda menggelar sosialisasi bahaya narkoba kepada para penumpang kapal di Pelabuhan Samarinda, dalam rangka antisipasi peredaran narkoba saat angkutan lebaran.

Dia pun tidak hanya mengajak penumpang kapal untuk ikut serta berantas narkotika, namun juga dilakukan pemasangan stiker berisi ajakan hindari narkotika di sejumlah sudut kapal. Lanjutnya, terdapat dua kapal yang dilakukan pemasangan stiker, yakni  KM Adhitya dan KM Queen Soy.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Nilai ekspor Kaltim 2,45 miliar USD per Januari 2023

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Januari 2023 melakukan ekspor migas dan nonmigas senilai 2,45 miliar dolar AS, terjadi penurunan 19,76 persen dibandingkan bulan sebelumnya (Desember 2022) sebesar 3,05 miliar dolar.

Penurunan ekspor pada Januari 2023 dibanding Desember 2022 disebabkan oleh menurunnya ekspor nonmigas sebesar 16,98 persen, sementara ekspor migas turun 37,03 persen. Ekspor nonmigas di Januari 2023 sebesar 2,18 miliar dolar AS, turun ketimbang ekspor migas pada Desember 2022 yang tercatat 2,62 miliar dolar AS.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Prakiraan hujan petir Jumat-Sabtu

Sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada Jumat-Sabtu (7-8/4), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap kemungkinan dampak yang ditimbulkan.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023