Semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada Senin-Selasa (3-4/4), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap kemungkinan dampak yang ditimbulkan.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Minggu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Adapun 10 kabupaten/kota tersebut antara lain di Kota Balikpapan pada Senin pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Di Kota Samarinda pada Senin sekitar pukul 14.00 dan 17.00 Wita, hujan ringan di semua kecamatan, pukul 20.00 dan 23.00, hujan petir terjadi di semua kecamatan, dan pada Selasa dini hari hingga pukul 05.00 Wita, hujan ringan berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Kabupaten Berau pada Senin pukul 11.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir di Kecamatan Pulau Derawan, Batu Putih, dan Biduk-Biduk, pukul 17.00 dan 20.00 Wita di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 23.00 di Kecamatan Kelay, Batu Putih, Biduk-Biduk, dan Segah.

Pada Selasa dini hari hujan petir di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Teluk Bayur, pukul 08.00 Wita di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Kabupaten Kutai Barat pada Senin pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir terjadi di semua kecamatan, pukul 23.00 di Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Damai, Penyinggahan, dan Siluq Ngurai, Selasa dini hari di Kecamatan Bongan, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan ke sedang.

"Kabupaten Penajam Paser Utara pada Senin pukul 14.00 dan 17.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir di semua kecamatan, pukul 20.00 di Kecamatan Sepaku, pukul 23.00 di Kecamatan Penajam, Babulu, dan Waru," kata Yudha.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023