Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hamdam Pongrewa menyebutkan masyarakat membayar pajak ikut serta dalam membiayai pembangunan negara Republik Indonesia.
 
"Dengan membayar pajak artinya warga bersama-sama ikut serta dalam pembiayaan negara untuk pembangunan nasional dan daerah," ujar Bupati pada acara Gemilang Pajak Daerah 2023 di Penajam, Senin.
 
Membayar pajak bukan sekedar kewajiban, tegas dia, tetapi merupakan perwujudan dari pengabdian kepada bangsa dan negara.
 
Kesadaran membayar pajak sangat penting, khususnya pajak daerah yang menjadi kewenangan kabupaten atau kota yang menjadi potensi pendapatan daerah.

Capaian pajak terbesar sumbang PAD Kabupaten Penajam Paser Utara yakni BPHTB Rp25 miliar, PBB P2 Rp9,2 miliar, dan listrik Rp2,5 miliar.
 
Tercatat di Badan pendapatan daerah Kabupaten Penajam Paser Utara pendapatan pajak terendah yaitu, hiburan Rp31,5 juta, sarang burung walet Rp18,8 juta dan parkir Rp13,9 juta.
 
Pajak daerah adalah salah satu sumber PAD (pendapatan asli daerah), jelas dia, yang digunakan untuk membangun Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pembayaran pajak harus dilakukan secara tertib dan tepat waktu, lanjut dia, jangan sampai masyarakat sebagai wajib pajak tidak melaksanakan kewajiban membayar pajak.
 
Diharapkan Gemilang Pajak Daerah bukan sekedar kegiatan seremonial serta dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga dapat menggugah kesadaran dan semangat wajib pajak perseorangan maupun badan usaha melakukan pembayaran pajak dengan tepat jumlah dan tepat waktu.
 
Bupati Hamdam Pongrewa mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas kepatuhan para wajib pajak yang telah melaksanakan kewajiban membayar pajak kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pada acara Gemilang Pajak Daerah 2023, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan hadiah melalui undian (doorprize) kepada para wajib pajak yang telah melakukan pembayaran pajak pada 2022.
 
Hadiah tersebut diberikan kepada OPD (organisasi perangkat daerah), wajib pajak pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2) tercepat  dan wajib pajak terbaik untuk pembayaran pajak lainnya pada 2022.
 
*Kami berharap realisasi pendapatan pajak bisa capai target, bahkan bisa melebihi target dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat tertib dan taat bayar pajak," kata bupati.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023