Sejumlah informasi seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin  (20/3), mulai dari dukungan legislatif Provinsi Kaltim atas langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mewujudkan daerah bebas tambang tahun 2026, hingga seluas 328 hektare sawah dan permukiman warga terendam banjir di Desa Sumber Sari Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Dukungan Samarinda bebas tambang 2026

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya'qub menanggapi tentang rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang mencanangkan Samarinda bebas zona tambang di tahun 2026, dengan mendukung penuh rencana tersebut.

Ia  menyatakan langkah Wali Kota Samarinda Andi Harun mengambil keputusan besar dan fundamental terhadap Kota Samarinda bebas zona tambang di tahun 2026 sangat bagus dan tepat. Hal tersebut merupakan cita-cita sebagian besar atau beberapa pihak tentang keberlangsungan lingkungan kehidupan Kota Tepian yang telah digaungkan sejak dulu.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Tanam pohon peringati Hari Desa Nusantara

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU, melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi kantor memperingati Hari Desa Nusantara yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kegiatan tersebut dicanangkan untuk menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya desa yang aman, sehat, rindang dan indah (Asri). Penanaman pohon yang dilakukan di sekitar kantor tersebut agar warga kabupaten atau kota sampai desa melakukan penanaman pohon, mewujudkan lingkungan sehat dan asri.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Lapas Samarinda buka layanan Wartelsuspas

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Samarinda berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman resmi membuka layanan Warung Telekomunkasi Khusus Lembaga Pemasyarakatan (Wartelsuspas) sebagai peningkatan layanan  sarana komunikasi warga binaan Lapas.

Prosesi  pembukaan beberapa sarana dan beberapa layanan di Lapas Kelas II A Samarinda merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot)  Samarinda, guna mewujudkan Lapas yang lebih baik lagi.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Ratusan karyawan tambang di Kubar dirumahkan

Sebanyak 179 karyawan perusahaan kontraktor batubara PT Riung, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sudah dua bulan dirumahkan oleh perusahaan. Mereka tidak bisa bekerja karena lahan tambang batubara PT Energi Batu Hitam (EBH) di mana PT Riung memperkerjakan mereka ditutup oleh kelompok masyarakat setempat.

Selain itu,  para karyawan juga minta bantuan dan dukungan kepada para kepala adat dari kedua kampung, yaitu kepada Kepala Adat Kampung Dingin Robertus Sahrun dan Kepala Adat Kampung Lotaq, Nyango. Kepada keduanya para karyawan menyerahkan piring porselen putih sebagai tanda  permintaan bantuan dan pertolongan.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Seluas 328 ha sawah di PPU terendam banjir

Seluas 328 hektare (ha) sawah dan beberapa pemukiman warga di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU terendam banjir, sehingga sawah tersebut terancam gagal panen.

Sejak air masuk, hingga kini tim bersama relawan dan warga melakukan beberapa penanganan, seperti membendung menggunakan karung diisi tanah yang ditumpuk-tumpuk antara dua sampai tiga karung di sepanjang titik tempat masuknya air untuk menghambat laju air masuk ke Sumber Sari.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023