Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi kantor memperingati Hari Desa Nusantara uang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
 
Hari Desa Asri Nusantara, menurut Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin di Penajam, Senin, dicanangkan untuk menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya desa yang aman, sehat, rindang dan indah (Asri).
 
Penanaman pohon yang dilakukan di sekitar kantor tersebut dalam rangka hari Desa Asri Nusantara, kata dia, yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT di Provinsi Riau agar warga kabupaten atau kota sampai desa melakukan penanaman pohon.
 
DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara menyurati seluruh pemerintahan desa di daerah berjuluk Benuo Taka itu untuk mengikuti instruksi Kemendes PDTT agar turut serta melakukan penanaman pohon sebagai upaya penghijauan lingkungan sekitar.
 
Kepedulian menanam pohon merupakan salah satu antisipasi bencana, jelas dia, karena perubahan cuaca sering terjadi secara tiba-tiba.
 
Diharapkan seluruh pemerintahan desa di Kabupaten Penajam Paser Utara merespon surat edaran mengenai instruksi Kemendes PDTT tersebut agar setiap desa melakukan penghijauan di lingkungan sekitar.
 
Kemendes PDTT melaksanakan penanaman pohon secara nasional dalam pencanangan Hari Desa Asri Nusantara pada Minggu (19/3) di Provinsi Riau bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.
 
Minimal menanam lima pohon di sekitar rumah atau kantor, kata Saidin, diharapkan bukan hanya DPMD, tetapi semua instansi ikut melakukan penanaman pohon. (ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023