Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mendukung pemberdayaan ekonomi pada pesta rakyat memperingati hari ulang tahun ke-21 yang berlangsung 7-11 Maret 2023 melalui gelaran pasar rakyat.
 
Pesta rakyat hari jadi kabupaten, menurut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Sodikin, di Penajam, Rabu, dijadikan sebagai wadah bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk memasarkan produk.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan 96 saung gratis berbentuk tenda untuk berdagang bagi pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
"Kami sediakan 96 stan gratis bagi UMKM, tetapi pelaku UMKM yang tidak dapat stan juga boleh berjualan di lokasi pesta rakyat dengan siapkan peralatan sendiri serta teratur dan rapi,' jelas dia.
 
Lokasi Pesta rakyat tersebut di kawasan Islamic Center di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pesta rakyat yang dibuka Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa pada Selasa (7/2/2023) tersebut diwarnai rangkaian acara lomba pakaian batik, serta pagelaran kesenian adat dan kebudayaan daerah.
 
Kemudian dimeriahkan dengan pentas seni budaya lokal, dan panggung hiburan yang menampilkan artis lokal maupun artis ibu kota.
 
Pesta rakyat diharapkan Bupati Hamdam Pongrewa, dapat menjadi salah satu sarana menggali, mengenalkan, memasyarakatkan dan mengukuhkan eksistensi UMKM, budaya dan kesenian di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Pesta rakyat hari jadi kabupaten harus tetap eksis setiap tahun agar menjadi daya tarik masyarakat luar daerah sekaligus wisatawan mancanegara," kata Bupati.
 
Hari ulang tahun Kabupaten Penajam Paser Utara yang diperingati setiap 11 Maret, juga ditandai dengan upacara peringatan hari jadi dan dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa di gedung Paripurna DPRD.
 
Hari jadi Kabupaten Penajam Paser Utara ke-21 dijadikan sebagai momentum untuk bangkit bersama membangun sinergi yang positif dan kolaborasi agar daerah berjuluk Benuo Taka itu semakin sejahtera.(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023