Musrembang  tingkat kecamatan yang berlangsung  beberapa hari dimulai dari daerah pesisir selatan Kabupaten Berau, merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang sedang disusun.


Untuk itu jangan dipersepsikan Musrenbang ini sebagai kegiatan seremonial belaka, karena melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan akan membahas dan menyepakati setiap kegiatan yang diusulkan. 

Hal itu disampaikan Bupati Berau, Sri juniarsih Mas saat menanggapi beberapa usulan kepala kampung pada saat  Musrenbang di Kecamatan Talisayan beberapa hari lalu.

Sesuai dengan arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Berau  tahun 2024 mendatang,  Kecamatan Talisayan  sebagai salah satu kluster pembangunan kawasan pariwisata, pertanian, perikanan, dan perkebunan , hendaknya dapat menjadi acuan  dalam merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik pada sektor industri, perdagangan, usaha kecil dan mikro berbasis potensi lokal.

“Termasuk infrastruktur pendukung, sehingga substansi pembangunan kita ke depan lebih berorientasi pada prioritas daerah, dan benar-benar berangkat dari usulan kebutuhan masyarakat. Alhamdulillah Pemda mendapatkan kucuran dana dari Pemprov Kaltim sebesar Rp400 miliar, untuk pembangunan  infrastruktur jalan mulai dari Sambaliung hingga Simpang Lenggo," ungkapnya .


Oleh sebab itu Sri Juniarsih  berharap melalui kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan tahun 2023, dalam rangka penyusunan  RKPD Kabupaten Berau tahun 2024, dapat melahirkan sebuah perumusan dan penetapan program prioritas, seperti infrastruktur jalan, kesehatan dan  pendidikan.        

"Mudah-mudahan perencanaan yang dilakukan melalui Musrenbang  sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun pusat," katanya.

Untuk Kecamatan Talisayan, kata Sri Juniarsih, kebutuhan infrastruktur jalan poros tahun ini sudah terjawab, begitu pula bank darah untuk rumah sakit Talisayan, termasuk perumahan guru, dan listrik.

“Semua akan kita realisasikan secara bertahap tahun ini hingga tahun depan, karena apa yang menjadi aspirasi masyarakat itu semua akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” pungkasnya.  (Oz)

Pewarta: WN Fachrurroziz

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023