Uraian peristiwa  seputar Kalimantan Timur (Kaltim) diwartakan Kantor Berita Antara pada Minggu (19/2), mulai dari Kepolisian Samarinda mengawal penyaluran bantuan bagi korban kebakaran yang menghanguskan 14 rumah di Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), hingga Anies Baswedan menyambangi relawan di Kaltim menantang untuk memenuhi dua saksi per TPS.

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Satuan Polres Kukar melalui Polsek Loa Janan mengawal pengamanan penyaluran bantuan kepada 27 Kepala Keluarga (KK)atau 14 rumah korban kebakaran di RT 9 Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan menempatkan personel kepolisian di posko pelayanan di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Sementara itu, Kepala Desa Loa Janan Ulu Supariyo menerangkan kronologi kejadian bahwa kebakaran diduga dipicu dari aliran listrik arus pendek (korsleting) pada salah satu rumah warga yang pada saat kejadian rumah dalam keadaan  kosong karena ditinggal mengikuti acara Isra Mi’raj di Masjid terdekat.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memastikan implementasi Smart Production menjadi bagian  tak terpisahkan dalam transformasi Industri 4.0 di lingkungan perusahaan.

Pupuk Kaltim sebagai salah satu National Lighthouse 4.0 di Indonesia pun melakukan evaluasi secara berkala, guna menjaga kesinambungan implementasi smart production dalam mewujudkan keberlanjutan.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Timur (Kaltim) mengelola anggaran Rp41 miliar pada 2023 untuk pengelolaan lingkungan berkelanjutan antara lain untuk program pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan keanekaragaman hayati.

Sejak  tahun 2019 hingga awal 2023 kualitas lingkungan di Provinsi Kaltim masih tergolong baik, yakni dapat dilihat dari indeks Kualitas Lingkungan Hidup (KLH) yang sebesar 29,33 persen, naik ketimbang tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 28,8 persen. Program lain yang siap dijalankan adalah pelatihan dan penyuluhan lingkungan hidup untuk masyarakat, melakukan penanganan terhadap pengaduan masyarakat, pengelolaan persampahan

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Investasi berupa penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang masuk ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 2022 mencapai Rp39,59 triliun, tersebar pada 10 kabupaten/kota dengan proyek yang dikerjakan sebanyak 6.706 unit.

Total tenaga kerja yang terserap dari proyek PMDN sebanyak 39.792 orang atau sebesar 68,54 persen dari total investasi yang masuk, terdiri dari tenaga kerja Indonesia sebanyak 39.753 orang dan tenaga kerja asing sebanyak 39 orang.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Anies Baswedan menyampaikan di depan pendukungnya dalam temu simpul relawan se-Kalimantan Timur (Kaltim) dengan memberikan tantangan kepada tim untuk menyiapkan dua orang saksi pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sepuluh kabupaten dan kota.

Dia menjelaskan bahwa banyaknya penduduk dari perantauan memiliki nilai lebih bagi Kaltim untuk membawa pengaruh kepada keluarga besarnya di kampung halaman. Hal seperti ini perlu digaris bawahi oleh tim relawan untuk menyiapkan roda politiknya dari sekarang.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023