Sejumlah berita seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan pada Kamis (9/2), mulai dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama wartawan  memperingati Hari Pers Nasional (HPN) di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara, pengungkapan kasus korupsi  dan investasi fiktif menyeret dua mantan pimpinan Perusahaan Daerah (Perusda) PT Migas Mandiri Pratama Kaltim (MMPKT) yang merugikan negara Rp25 miliar, hingga kegiatan jumpa pers Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Hari Setiyono, yang baru dilantik.

Berikut rangkuman berita seputar Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memperingati Hari Pers Nasional yang ke-38 tahun bersama wartawan di titik nol IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, sekaligus melihat kemajuan sejumlah pembangunan IKN Nusantara yang sedang berjalan.

Dia mengemukakan kepada insan pers, semua pihak harus memberikan dukungan agar pembangunan ibu kota negara Indonesia baru segera terwujud, karena bakal mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor lainnya, dan menegaskan jangan ada pihak yang mengganggu pembangunan tersebut.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Kejati Kaltim telah mengumumkan dua tersangka mantan pimpinan Perusda PT MMPKT dan anak perusahaannya PT Migas Mandiri Pratama Hulu (MMPH) dan sementara berstatus tahanan kejati selama 20 hari ke depan mulai ditetapkan tersangka, Selasa (7/2), dengan proses pengungkapan memakan waktu sekitar 16 bulan sejak Oktober 2021.

Lantas, nasib aset tersebut menurut Direktur Utama PT MMPKT yang saat ini aktif, tidak ada satu pun yang berjalan, seperti salah satunya proyek Loa Janan pada 2014 pada lahan milik Pemprov Kaltim, merupakan proyek rencana untuk membangun warehouse dengan nilai Rp3.828.865.000 sampai saat ini belum nampak fisik bangunannya.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Dinas Pertanian Kabupaten PPU menargetkan mampu melakukan vaksinasi terhadap 10.500 ekor sapi, sebagai langkah pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, sebagai langkah perlindungan terhadap konsumen.

Penyebaran PMK harus diantisipasi sejak dini, untuk menghindari timbulnya kasus PMK, sebab jika terjadi akan membawa dampak kerugian bagi peternak, namun kendala yang dialami pihak Dinas Pertanian di lapangan adalah kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengumpulkan sapi untuk disuntik, mengingat masih banyak warga yang beternak dengan menggembalakan, bukan sistem kandang.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Jumat dan Sabtu (10-11/2), maka diminta untuk tetap waspada atas dampak berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor.
 
Ada  pun sembilan kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut antara lain di Kota Balikpapan, pada Sabtu dini hari terjadi hujan petir di tiga kecamatan, yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah, sedangkan kecamatan lain hujan ringan hingga pukul 05.00 Wita. Begitu pun dengan beberapa titik di wilayah  Samarinda, Bontang, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, tentu dengan jam yang agak berbeda.

Selengkapnya silahkan diklik.


5. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Hari Setiyono melakukan jumpa pers bersama awak media di Samarinda, Kamis (9/2) yang baru dilantik  Selasa lalu oleh Jaksa Agung, sembari melakukan ramah tamah bersama pegawai internal Kejati.

Pada jumpa pers tersebut, Kajati bertekad  turut serta mengawal proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang sedang mulai  dilakukan penggarapan, dengan menjalankan fungsi pengamanan terhadap praktik penyelewengan kegiatan pembangunan, kemudian fungsi pendampingan perdata urusan tanah, siapa tau ada sengketa kontraknya.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023