Sepanjang tahun 2023, Telkomsel melanjutkan proses peningkatan/pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE dengan target 40 kota/kabupaten di wilayah Kalimantan, sebagai upaya menghadirkan akses broadband 4G/LTE lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan.

"Peningkatan layanan ini sudah dimulai sejak Maret 2022 hingga kini dan sudah mencakup 204 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten di Indonesia," ujar General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Wilayah Kalimantan Fredy Hilton Tambunan dalam rilisnya di Samarinda, Rabu. 

Telkomsel, katanya, menegaskan komitmen dalam mendorong pemerataan dan kesetaraan akses konektivitas digital berteknologi terdepan bagi seluruh lapisan masyarakat, dengan kembali melanjutkan proses pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE.

Sedangkan 40 daerah di Pulau Kalimantan ini adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Bontang, Kutai Timur, dan Kota Samarinda (Kalimantan Timur),.

Kemudian di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Banjarmasin, Tanah Laut, Balangan, Barito Kuala,Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tapin, dan Kabupaten Kotabaru.

Untuk Provinsi Kalimantan Tengah meliputi Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kota Palangkaraya, dan Kabupaten Lamandau.

Di Provinsi Kalimantan Barat meliputi Kabupaten Kayong Utara, Ketapang, Melawi, Kota Singkawang, Kota Pontianak, Kabupaten Landak, Mempawah, Sambas, Kabupaten Kuburaya, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Sintang.

Untuk di Provinsi Kalimantan Utara meliputi Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung.

Menurut Fredy, Februari 2023 ini menjadi proses percepatan dalam upaya keberlanjutan Telkomsel untuk melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur, dengan sasaran di beberapa wilayah di Indonesia yang telah konsisten dilakukan sejak tahun lalu.

 Komitmen ini merupakan bagian dari konsistensi Telkomsel mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh Indonesia, melalui penyediaan teknologi jaringan broadband berteknologi terdepan yang lebih inklusif dengan keunggulan kualitas yang merata. 

"Kami optimis proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital nasional, seiring dengan semakin terbukanya peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam mengoptimalkan potensi berbagai sektor dan wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini," ucap Fredy. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023