Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto mengharapkan tower yang berdiri di area Satuan Brimob Polda Kaltim Samarinda, yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, supaya bisa dioptimalkan sebagai wadah pelatihan meningkatkan keahlian anggota kepolisian.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Samarinda, yang sudah bersedia membangunkan Tower Satuan Brimob Polda Kaltim, semoga ini bermanfaat bagi institusi kepolisian untuk semakin meningkatkan keahlian,” ucap Irjen Imam Sugianto saat meresmikan tower di Mako Brimob Batalyon B Pelopor Jl. Sultan Hasanuddin  Samarinda seberang, Senin.

Ia juga mengapresiasi maksud Wali Kota Samarinda membangunkan tower tersebut , bukan hanya bermanfaat bagi Satuan Brimob dan TNI saja, namun juga bagi masyarakat umum yang ingin berlatih menggunakan tower tersebut.

“Tadi kita juga sudah saksikan simulasi yang dipraktikan oleh para aparat dalam pengamanan kota, menggunakan setting latar di tower Brimob, dan seyogyanya keberadaan tower bermanfaat mengasah keahlian satuan Brimob guna  mengamankan masyarakat dari kekhawatiran tindak kejahatan,” beber Imam Sugianto.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai menyatakan, tower Mako Brimob Batalyon B Pelopor  memiliki enam lantai yang dibangun dengan anggaran Rp1,99 miliar.

"Mungkin di beberapa kesatuan TNI, tower model seperti ini belum familiar, namun kami membuat pola tower tersebut dengan tujuan latihan pertempuran jarak dekat dan ada juga fasilitas panjat tebing," ujar Andy Rifai.

Tidak hanya untuk latihan personel Brimob, masyarakat Kota Samarinda pun bisa menggunakan tower tersebut jika hendak berlatih layaknya Brimob.

"Pintu kami terbuka untuk masyarakat umum,  bagi siapa pun yang hendak memanfaatkan fasilitas tower ini untuk tujuan berlatih, sehingga kegunaan tower selain mengasah kemampuan Satuan Brimob, juga bisa membantu masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023