Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan penghargaan Presisi Award kepada Kepolisian Resor Paser, Kalimantan Timur, karena dinilai berprestasi melakukan inovasi yang dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

"Sebelum memberikan penghargaan, selama dua bulan Lemkapi melakukan riset ke Polres-Polres di wilayah Polda Kalimantan Timur melalui berita-berita di media, dari riset itu, ternyata banyak inovasi yang dilakukan Polres Paser," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan, usai menyerahkan penghargaan Presisi Award  kepada Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta di Mapolres Paser, Kamis.

Penghargaan Presisi Award kepada Polres Paser ini, kata Edi, merupakan penghargaan pertama kali untuk Polres di wilayah Polda Kalimantan Timur.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas ) periode 2012-2016 itu  mengatakan sejumlah inovasi yang dilakukan Polres Paser diantaranya ngopi bareng obrolin kamtibmas (Ngobras) Jumat Berkah, Kamis Taqwa dan Ekspedisi Kemanusiaan.

"Inovasi Jumat Berkah dan Kamis Taqwa yang dilakukan Polres Paser merupakan pengembangan dari perintah Kapolri yaitu Jumat Curhat, "katanya.

Yang menarik diapresiasi adalah inovasi ekspedisi kemanusiaan di mana Polres Paser hadir di tengah-tengah masyarakat di daerah terpencil.

"Masyarakat merasakan kehadiran Polri dengan memberikan bantuan, polisi mendapatkan informasi dari masyarakat serta menampung aspirasi atau keluhan masyarakat," papar Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Pada intinya, kata mantan jurnalis ini, apa yang dilakukan Polres Paser dapat meraih kembali kepercayaan masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Paser AKBP  Kade Budiyarta mengatakan  penghargaan dari Lemkapi ini menjadi penyemangat anggotanya untuk melayani masyarakat.

"Penghargaan ini bukan untuk Kapolres, tetapi untuk semua anggota Polres Paser yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, " katanya.

Penghargaan yang diberikan Lemkapi yang mewakili masyarakat ini, tambah Budi, merupakan bentuk apresiasi atas kinerja Polres Paser.

Meski telah mendapatkan penghargaan, Budi mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan masih jauh untuk bisa mencapai keinginan seperti slogan polisi yang bisa menembak hati Masyarakat.

"Ini terus saya gelorakan kepada jajaran, agar bisa dilaksanakan dalam hal pelayanan polisi kepada masyarakat. Alhamdulillah dengan penghargaan Presisi Award dari Lemkapi, akan jadi berusaha lebih baik lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat, " katanya.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023