Semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang berdurasi singkat pada Sabtu-Ahad (28-29/1), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain bisa berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Jumat.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan 10 kabupaten/kota yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut antara lain di Kota Balikpapan pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara, sedangkan kecamatan lainnya hujan sedang.

Pada Ahaf dini hari, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi pada semua kecamatan di Balikpapan, sedangkan pada pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan di Kecamatan Balikpapan Timur.

Di Kota Samarinda pada Sabtu sekitar pukul 23.00 hingga Ahad pagi, hujan ringan hingga sedang terjadi di semua kecamatan, kecuali dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, diprakirakan hujan lebat di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Untuk Kota Bontang, pada Sabtu sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita terjadi hujan ringan di Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara, kemudian juga petir pada Minggu dini hari hingga subuh diprakirakan hujan petir di kecamatan yang sama.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita di Kecamatan Muara Jawa, Tabang, Anggana, Kembang Janggut, Loa Janan, dan Samboja, Minggu dini hari sampai pagi, hujan lebat hingga hujan petir terjadi di hampir semua kecamatan.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Sabtu mulai pukul 08.00 Wita sampai malam sekitar pukul 23.00 Wita, hujan ringan hingga hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan.

"Pada Ahad dini hari sampai Subuh, hujan lebat dan hujan petir di Kecamatan Batu Ampar, Karangan, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Bengalon, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen, Teluk Pandan," kata Idham.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023