Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengembangkan Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung dengan usaha pembesaran ikan air tawar guna mendongkrak pendapatan daerah

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong Elzam Fikri mengatakan tahun sebelumnya BBI menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp110 juta dan ditargetkan tahun ini naik sekitar Rp125 juta.

"Selain produksi benih ikan ke depan BBI juga melakukan pembesaran ikan air tawar agar bisa menambah pendapatan daerah," jelas Elzam di Tabalong, Rabu.

Dengan nama Pengembangan Budidaya Air Tawar (PBAT) Kambitin-Nalui atau Kalui Elzam mengatakan akan menyiapkan SDM nya dengan mengikuti bimbingan teknis l pembenihan dan pembesaran ikan.

Menurut Kepala UPT BBI Agustian Rijani mengatakan tahun 2022 produksi benih ikan air tawar di BBI Desa Kambitin 280,460 ekor dan BBI Nalui Desa Nalui Kecamatan Jaro 77.310 ekor.

"Total produksi benih ikan air tawar sebanyak 357,770 ekor mencakup BBI Kambitin dan BBI Nalui," jelas Agustian.

Jenis benih yang diproduksi di BBI Kambitin yakni
ikan patin, gurami, lele, papuyu (betok) dengan pemasaran hingga Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Kebutuhan benih juga diproduksi Unit Pembenihan Rakyat yang menjadi.binaan BBI Kambitin untuk jenis ikan mas dan nila.

"Untuk kebutuham benih ikan nila dan ikan mas diproduksi UPR binaan," jelasnya.

Saat ini ada enam UPR binaan BBI Kambitin masing-masing UPR mitra BBI kelompok Sri Lestari, kelompok Bumi Makmur, kelompok Jaya Mukti, kelompok Sido Makmur, kelompok Barokah Jaya dan kelompok Sumber Usaha

Untuk BBI Nalui Kecamatan Jaro tanpa program kemitraan dengan UPR tetap memproduksi benih ikan mas dan ikan nila.

 

Pewarta: Imam Hanafi/herlinalasmiati

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023