Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Perbankan kata Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron, memiliki peran sangat penting dalam pembangunan, karena sebagai mediator dalam menghimpun dana, kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit usaha rakyat.

"Dalam pinjaman modal ini, BRI juga terlihat fokus pada usaha mikro dan ritel di pedesaan maupun perkotaan," kata Ghufron Yusuf pada puncak acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tenggarong di lapangan parkir Skate Park Timbau Tenggarong, Sabtu (16/11).

Puncak Pesta Rakyat Simpedes BRI tersebut ditandai dengan pengundian Simpedes BRI Semester I tahun.
 
Kepada masyarakat Ghufron mengingatkan agar fasilitas kredit yang telah dinikmati dijaga jangan sampai menimbulkan masalah dikemudian hari yang pada akhirnya menghambat perkembangan ekonomi daerah.

Selain selain dihadiri wakil bupati, pada Pengundian hadiah tersebut juga dihadiri Kapolres Kukar AKBP Abdul Karim dan perwakilan forum koordinasi pimpinan daerah dan sejumlah kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar, jajaran pimpinan BRI serta para nasabah.
     
Pada pengundian hadiah utama yakni satu unit mobil Suzuki Ertiga GX, yang pengundiannya dilakukan HM Ghufron berhasil diraih oleh seoranh nasabah bernama Mahyuddin S dari unit kerja BRI Tenggarong Seberang.
 
Pemenang hadiah pertama, yaitu dua unit sepeda motor Suzuki Satria 150, yang pengundiannya dilakukan oleh Kapolres Kutai Kartanegera diperoleh seorang nasabah dari unit kerja BRI di Loa Duri, Kecamatan Loa Janan, Lita Andayani dan dari Tenggarong Seberang atas nama Samijan.

Sebelumya juga dilakukan pengundian hadiah II yaitu tiga unit Sepeda Motor Suzuki Thunder, hadiah III empat unit sepeda motor Suzuki Shogun AX dan hadiah IV enam unit sepeda motor Suzuki Let"s Classic.  

Selain itu bagi undangan atau nasabah yang hadir pada PRS itu, BRI juga membagikan hadih "doorprize" menarik bagi yang beruntung saat pengundian.

Acara PRS yang digelar sejak Jumat (15/11) itu juga dimeriahkan dengan kegiatan pawai sepeda hias, panggung hiburan yang menampilkan enam grup band, senam pagi bersama, aneka tari-tarian daerah, dan juga tersedia bazaar  binaan BRI Tenggarong.

Pimpinan BRI cabang Tenggarong, Roland Hutagalung dalam laporannya mengatakan, wilayah kerja BRI cabang Tenggarong  selain meliputi Kukar juga Kutai Barat dan sebagian Kutai Timur.

Pelayanan BRI unit di tiga kabupaten tersebut menurut Roland telah diakui masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan adanya perkembangan yang menggembirakan pada kegiatan simpan pinjam masyarakat di BRI.

Dari segi simpanan, hingga Oktober 2013 telah tercatat Rp738 miliar, mengalami kenaikan signifikan dibanding data Desember 2012 yaitu Rp1,401 miliar.

Sedangkan pinjaman, data Oktober 2013 sudah tercatat Rp300 miliar, dibanding data Desember 2012 yaitu Rp256 milyar, tahun ini pinjaman juga megalami peningkatan.

"Dari pertumbuhan instrumen yang ada, terlihat pertumbuhan yang dicapai Simpedes naik 105 persen dari tahun lalu. Ini menunjukkan besarnya kepercayaan masyarakat kepada tabungan Seimpedes BRI," ujarnya.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013