Komando Distrik Militer (Kodim) 0904/Paser perkuat wawasan  kebangsaan dan bela negara kepada  generasi muda dengan menggiatkan peran seluruh personel bintara pembina desa (Babinsa) di setiap Koramil. 

"Para Babinsa  ini mendatangi sekolah-sekolah yang ada di wilayah tugasnya dengan menjadi pemimpin upacara," kata Dandim 0904/Paser,  Letkol (Inf) Ary Susetyo di Tanah Grogot, Rabu. 

Ary Susetyo menjelaskan, saat menjadi pemimpin upacara, personil Babinsa  menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan agar tumbuh jiwa patriotisme dan cinta tanah air di kalangan pelajar. 

"Jiwa patriotisme dan cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini terutama di kalangan pelajar, " katanya. 

Menurutnya, jika rasa cinta tanah air dimiliki, maka hati seorang warga negara akan tergerak untuk mengabdi, membela dan melindungi negara dari berbagai ancaman. 

Dikatakan Ary, salah satu tugas Babinsa adalah memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakatnya sebagai bagian dari kegiatan pertahanan dan keamanan negara. 

Saat ini, kata dia, belum seluruh desa di Kabupaten Paser  yang jumlahnya 144 desa/kelurahan memiliki Babinsa karena keterbatasan personil. 

"Idealnya, satu desa satu Babinsa, tetapi karena keterbatasan personil, maka satu Babinsa yang membina dua sampai tiga desa, saat ini baru  terpenuhi 67 persen dari jumlah desa yang ada," katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023