Negara Polandia melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di berbagai bidang diantaranya bidang energi, lingkungan, perdagangan, pariwisata maupun pendidikan.


Deputi Head of Mission Embassy of the Republic Poland, Mr Piotr Firlus telah melakukan pertemuan dengan Sekdaprov Kaltim, Sri Wahyuni di Samarinda, Kamis.

Mr Piotr Firlus mengharapkan dalam kunjungan pertama kali ke Kaltim tersebut bisa menghasilkan kerja sama yang baik antara Polandia dengan Kaltim.

"Saya meyakini terdapat kesempatan kerja sama yang dapat kami jajaki diberbagai bidang antara lain, sektor energi, lingkungan, perdagangan, kesehatan, pariwisata maupun pendidikan,” ungkap Piotr Firlus dalam keterangan resmi diterima di Samarinda.

Piotr mengatakan, selama ini Kaltim merupakan salah satu provinsi penghasil batu bara terbesar sekaligus juga pemasok bagi negara yang berada di Eropa Timur.

Ia berharap, kedua belah pihak bisa lebih intens dalam melakukan hubungan kerja sama, baik untuk industri teknologi informasi, salah satunya melalui program beasiswa yang ada di Kaltim.

Sementara itu, Sri Wahyuni merespon dengan baik tawaran Deputi Head of Mission Embassy dari Polandia serta menyampaikan peluang bisnis dan investasi pada bidang lain yang ada di Kaltim.

“Kita juga sampaikan peluang di hilirisasi pada bidang gas, batu bara dan CPO (Crude Palm Oil) atau minyak sawit mentah, termasuk kita juga tawarkan industri pariwisata dan mereka hanya mengetahui destinasi wisata Bali dan banyak yang belum tahu tentang berbagai potensi di Kaltim,” ucap Mantan Kadis Pariwisata Kaltim tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan mengirimkan berbagai informasi tentang pariwisata, konservasi orang utan, beruang madu, sampai aktivitas bawah laut.

Sehingga, nantinya travel atau agen biro perjalanan di Polandia, bisa memperkenalkan potensi-potensi di Kaltim.

Pada kesempatan tersebut dia menambahkan, setelah mendapatkan informasi secara lisan, nantinya juga akan mengirim data dalam bentuk power point mengenai berbagai informasi potensi Kaltim, baik pariwisata maupun industri

“Nantinya akan kita share data dan informasi dalam bentuk power point, mengenai destinasi pariwisata, Kawasan Industri Kariangau, Kawasan Industri Buluminung maupun di KEK Maloy, termasuk sektor pendidikan, kesehatan, maupun sektor lainnya,” jelas Sri Wahyuni.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022