Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas) menyatakan bahwa untuk calon Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) perlu dilakukan uji kompetensi.

"Para calon Kabareskrim yang masuk bursa perlu uji kompetensi untuk mencari yang terbaik," kata Komisioner Kompolnas, Edi Saputra Hasibuan saat dihubungi Antara di Balikpapan, Jumat.

Para penguji calon Kabareskrim terdiri dari Wakapolri, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum), pakar SDM dan ditambah dari pengawas eksternal yakni Kompolnas, katanya

"Uji kompetensi tersebut dilakukan untuk menambah akuntabilitas agar adanya perubahan baru dalam menetapkan Kabareskrim yang mempunyai integritas yang baik dan bersih," kata Edi Saputra.

Adapun beberapa nama yang muncuk sebagai calon Kabareskrim diantaranya Irjen Pol Suhardi Alius yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Saud Usman Nasution saat ini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Badrodin Haiti saat ini menjabat Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Anas Yusuf masih menjabat Wakabareskrim dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Edi Saputra diharapkan Kabareskrim yang terpilih dalam karirnya di Polri banyak di bidang reserse dan pernah menjabat sebagai Kapolda untuk tipe A.

"Nama-nama tersebut patut dan layak diteliti baik secara pribadi maupun prestasinya. Kami harapkan salah satu yang terpilih adalah yang terbaik, karena masyarakat menunggu dari kinerja Kabareskrim yang baru," kata Edi Saputra. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013