Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sarkowi V Zahry mengapresiasi  karya musik anak muda yang tergabung dalam komunitas Olah Gubang asal Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara mengangkat musik bernuansa daerah setempat.

“Saya kagum menyaksikan penampilan musik komunitas Olah Gubang berbahasa daerah  di Terrace Hotel Fatma, Tenggarong beberapa waktu lalu,” kata  Sarkowi di Samarinda, Jum’at.

Ia mengatakan, gaya musiknya khas dan menghibur, apalagi bahasa yang digunakan dalam bernyanyi murni bahasa Kutai, bahasa lokal Kaltim. Hal ini yang mestinya perlu dijunjung tinggi.

Grup ini katanya merupakan salah satu grup band anak muda Kota Tenggarong yang peduli terhadap seni budaya lokal.

Sarkowi menuturkan, kalau grup Band Indi kebanyakan mengusung lagu genre pop namun Olah Gubang mengusung lagu lagu daerah berbahasa Kutai.

“Tema dan syair lagunya seperti syair lagu pada umumnya yang terinspirasi dari kehidupan sehari hari,” kata Sarkowi yang juga Ketua Pansus Pemajuan Kebudayaan Kaltim.

Menariknya, dalam perform musiknya menggabungkan alat musik tradisional dengan alat musik modern dengan syair lagu bahasa daerah.

Ia mengharapkan  komunitas musik seperti Olah Gubang  mesti diangkat di permukaan. Apresiasi pemerintah Kaltim terhadap pembinaan grup-grup musik daerah harus dikembangkan dan dianggarkan khusus.

“Semoga ruang apresiasi musik tradisional dan ruang eksplorasi musik Kutai makin berkembang,” ungkapnya.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022