Legislator DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Romadhony Putra Pratama meminta  agar proses  pembangunan sejumlah gedung yang mangkrak milik Pemerintah Provinsi Kaltim dikerjakan secara tuntas sebagaimana yang telah direncanakan.

 “Kami menginginkan bangunan yang mangkrak  bisa diselesaikan sesuai target. Kemudian kontraktor lama statusnya seperti apa itu perlu diperjelas. Apakah masih menggunakan kontraktor yang lama atau dilelang ulang,”  katanya di Samarinda ketika dihubungi, Minggu.

Dia mengatakan, pada saat melakukan peninjauan  beberapa waktu lalu terkait progres pembangunan gedung milik Pemprov  Kaltim yang mangkrak  diantaranya  Gedung Rumah Sakit Korpri yang dibangun di  Komplek Stadion Kadrie Oening Sempaja sampai saat ini masih belum selesai.

“Padahal  tahun lalu Komisi III pernah menemui kontraktor dan alasannya karena ada pergeseran lokasi, keterbatasan material, dan juga keadaan lokasi yang kerap banjir  akibat seringnya hujan, sehingga pembangunan tidak  sesuai target,” ucap Romadhony.

Menurutnya, jika dirunut dari awal pekerjaannya yakni 27 September 2021 bahwa proyek  tersebut  seharusnya sudah selesai  dalam 128 hari. Namun ini sudah di penghujung 2022 juga masih belum selesai. Hal ini bisa dituntaskan sesuai target jika memang sudah ada lelang ulang.

Hal ini juga berlaku bagi gedung mangkrak lainnya yakni Gedung KONI di Jalan PM Noor yang sampai saat ini terkesan tidak disentuh lagi, melihat kondisi bangunan setengah jadi sudah dikelilingi  rumput ilalang yang tinggi.

“ Semua kontraktor harus dilakukan evaluasi dan seleksi sehingga kontraktor atau perusahaan yang menang lelang benar-benar konsisten dan mampu mengejar keterlambatan tersebut. Saya berharap bangunan Rumah Sakit  Korpri segera selesai,  karena keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat,“ tuturnya.

Sebelumnya Kepala Dinas PUPR-PERA Kaltim, Aji Muhamad Fitra Finanda  mengatakan pihaknya berencana  akan melanjutkan pembangunan sejumlah gedung  yang mangkrak pada tahun anggaran 2023 ini.

“Kami  akan melanjutkan pembangunan  sejumlah gedung milik Pemprov Kaltim yang mangkrak,” katanya.

Dia menargetkan, tahun 2023  gedung-gedung  yang mangkrak  sudah bisa dilanjutkan kembali  yakni Gedung KONI dan Gedung RS Korpri . Sedangkan untuk  rumah sakit mata  mulai dibangun sejak 24 September 2021 saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022