Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan kegiatan aksi bersih-bersih  pada akhir pekan  di sepanjang ruas jalan Kapten Soejono dan  Samarinda Seberang sebagai pintu masuk Kota Samarinda.

“Kegiatan ini menjadi upaya Pemkot untuk mempercantik wajah kota, terutama di jalan- jalan pintu masuk Kota Samarinda,” kata Sekretaris DLH Kota Samarinda Nur Hikmah di Samarinda, Minggu.

Ia mengatakan, dalam aksi ini yang  terlibat  bukan hanya dari DLH,  tetapi juga beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda.

Setiap lokasi  katanya terbagi menjadi beberapa zona, yakni zona A terdiri dari Jalan HM. Rifaddin, Jalan  KH Harun Nafsi, dan Jalan APT. Pranoto. Sedangkan untuk zona B terdiri dari wilayah Jembatan Achmad Amins, Kelurahan Pinang Sari, Kelurahan Pulau Atas, Kelurahan Makroman, dan Kelurahan Sambutan.

“Aksi  bersih-bersih  ini adalah arahan dari Bapak Wali Kota Samarinda sehingga melibatkan OPD lainnya seperti  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang turut membantu pengerukan parit di simpang Jalan KH. Harun Nafsi yang kerap tergenang dan tersumbat sampah ,” tuturnya.

Nur Hikmah juga berharap aksi  bersih-bersih ini  memacu warga sekitar agar terus menjaga kondisi lingkungan.  Oleh karena itu ia  meminta kepada warga  terutama Ketua RT setempat untuk rutin melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan wilayahnya.

“Kami mewakili Pemkot Samarinda juga terbuka untuk menerima masukan bilamana dalam kegiatan gotong royong warga ada kendala dan membutuhkan peran serta DLH,kami siap terjun untuk membantu warga,” ujarnya.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022