Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menginginkan warga lokal, terutama masyarakat di daerah berjuluk Benuo Taka itu bisa diberikan kesempatan kerja luas dalam proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
"Kami minta perhatian pemerintah pusat agar tenaga kerja lokal dapat kesempatan yang sama dengan tenaga kerja dari luar di pembangunan IKN Nusantara," kata Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Hartono Basuki di Penajam, Selasa.
 
Menurut dia, tenaga kerja lokal harus memiliki sertifikat untuk dapat bekerja dalam pembangunan IKN Indonesia baru, tetapi tenaga kerja dari luar daerah yang bekerja dalam proyek IKN Nusantara itu banyak yang tidak memiliki sertifikat.
 
Permasalahan tersebut, lanjutnya, harus menjadi perhatian pemerintah pusat agar warga atau tenaga kerja lokal mendapatkan kesempatan peluang kerja dalam proyek pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru.
 
"Kami telusuri dan ternyata hanya sedikit tenaga kerja dari luar daerah yang memiliki sertifikat bekerja dalam pembangunan IKN Nusantara," ujar dia.
 
Tenaga kerja lokal yang ingin bekerja di dalam proyek pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru, menurut dia, dituntut untuk mengantongi atau memiliki sertifikat pelatihan.
 
Sementara tenaga kerja dari luar Kalimantan Timur yang bekerja dalam proyek pembangunan infrastruktur IKN Nusantara banyak yang tidak memiliki sertifikat pelatihan.
 
Ada salah satu pembangunan di kawasan inti IKN Indonesia baru, jelas dia, kontraktor pelaksana mendatangkan tenaga kerja dari luar Kalimantan Timur, dan tidak semua tenaga kerja dari luar daerah tersebut memiliki sertifikat pelatihan.
 
Ia mengemukakan bahwa ada sebanyak ratusan warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah mengikuti pelatihan khususnya pelatihan konstruksi yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.
 
Namun warga yang telah diberi peningkatan kompetensi dan memiliki sertifikat pelatihan tersebut, belum semuanya mendapatkan kesempatan bekerja dalam proyek pembangunan infrastruktur IKN Nusantara.
 
"Warga Kabupaten Penajam Paser Utara sudah banyak yang memiliki sertifikat, tetapi tidak banyak yang dapat kesempatan bekerja di pembangunan IKN Indonesia baru," ucap Hartono Basuki.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022