Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya didampingi Tim Panitia Pemilihan  Kepala Desa (Pilkades)  melakukan peninjauan ke sejumlah  lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades serentak  di 72 desa, Rabu (30/11). 

“Pelaksanaan Pilkades serentak hari ini berjalan lancar dan aman,” kata  Anggota tim panitia Pilkades Kabupaten Paser Finandar Astaman di Tanah Grogot. 

Ia mengatakan, tim panitia kabupaten mengunjungi beberapa lokasi tempat pemungutan suara (TPS) diantaranya TPS 01 Senaken Kecamatan Tanah Grogot, TPS 02 Tanah Periuk Kecamatan Tanah Grogot, dan TPS 04 Pasir Belengkong Kecamatan Pasir Belengkong.

Finandar yang juga Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, memastikan pelaksanaan Pilkades sesuai arahan Bupati, terutama dalam hal penerapan protokol COVID-19. 

Usai melakukan pemantauan  di beberapa TPS, tim panitia Pilkades mengikuti video conference secara daring dengan perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Paser berjalan aman dan lancar serta laporan hal-hal lain terkait penyelenggaraan Pilkades seperti desa yang memiliki bakal calon lebih dari lima,” katanya. 

Finandar menjelaskan, ada 6 desa dengan total 42 bakal calon yang lebih dari lima, telah disampaikan panitia Pilkades Kabupaten Paser ke Kemendagri.

Adapun proses seleksinya sudah juga disampaikan dan berjalan dengan baik meski sempat ada satu bakal calon yang keberatan, namun sudah diselesaikan dan dijawab secara tertulis oleh Ketua Panitia Pilkades, dalam hal ini Pak Sekda.

"Selain melaporkan penyelenggaraan Pilkades secara teknis, pada kesempatan itu Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta yang hadir dalam video conference juga menyampaikan ke Kemendagri perihal mekanisme pengamanan," katanya.

 Finandar menambahkan pada hari ini juga hasil Pilkades dapat diketahui, dan segera dilaporkan oleh masing-masing panitia tingkat desa ke panitia kabupaten.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022