Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga Samarinda (VNS) milik Pemerintah Kota Samarinda membuka kesempatan bisnis bagi warga Samarinda maupun kelompok masyarakat yang ingin menjadi mitra Bebaya Mart.


“Bebaya Mart salah satu unit bisnis Perumda VNS yang bergerak di bidang ritel pangan. Rencana akan menjaring 59  gerai, saat ini Bebaya Mart  baru memiliki dua gerai yakni di rumah susun (Rusun) Sungai Kunjang dan di Kampung Tangguh kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang,” kata Dirut Perumda VNS Syamsudin di Samarinda, Rabu.

Dia mengatakan, rencananya Perumda VNS membuka kemitraan Bebaya Mart di tahun 2023, karena saat ini  sedang dilakukan pembaruan  sistemnya  terlebih dahulu, jika sudah siap akan dimulai tahun depan.

“Kami bersyukur dua gerai yang ada sudah jalan, ternyata hasilnya positif,” kata Syamsudin.

Syamsudin menjelaskan, ketentuan kemitraan Bebaya Mart  adalah masyarakat atau kelompok masyarakat hanya perlu menyediakan tempat bangunan berukuran 3x6 meter (diutamakan yang berdekatan dengan kantor kelurahan).

Kemudian setelah lokasi dinilai layak dan disetujui oleh pihak Perumda VNS, maka selanjutnya terkait teknis legalitas dan realisasi pendirian usaha Bebaya Mart. Untuk sesi pendaftaran akan diumumkan di tahun 2023.

Hal yang menarik dari kemitraan Bebaya Mart ini, kata Syamsudin adalah warga maupun kelompok masyarakat hanya bermodal tempat saja, selebihnya untuk modal persediaan barang dagang beserta rak display, sistem kasir, tempat dan branding ditanggung oleh Perumda VNS.

“Pembagian hasilnya yakni 80 persen untuk mitra dan 20 persen untuk Perumda,” ucapnya.

Ia menargetkan untuk tahun 2023 mitra Bebaya Mart hadir di setiap kelurahan, sesuai dengan jumlah kelurahan sebanyak  59 mitra.  Adapun alasan mitra Bebaya Mart harus ada di setiap kelurahan adalah sebagai fasilitator dalam menekan laju inflasi.

Lanjutnya, karena fungsi Bebaya Mart agar bisa menstabilkan harga yang terlalu melonjak di pasar, seperti minyak goreng dan telur.

Syamsudin juga mengatakan Bebaya Mart hadir dengan semangat kerakyatan, artinya sebisa mungkin keberadaan Bebaya Mart menjadi solusi berbelanja hemat warga.

“Selama ini Perumda VNS berkolaborasi dengan program pemerintah dalam bentuk  menggelar bazaar murah atau pasar rakyat yang menjual bahan-bahan kebutuhan rumah tangga yang murah dan terjangkau. Bahkan ada program bagi-bagi sayur gratis yang disiapkan dari hasil keuntungan Bebaya Mart,” ujar Syamsudin.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fandi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022