Ketua DPRD Provinsi Kaltim Hasanuddin Mas'ud mengatakan, untuk mewujudkan keberhasilan kabupaten/kota layak anak (KLA) perlu melibatkan banyak pihak, tidak hanya organisasi pemerintah yang membidangi, tapi perlu  dukungan instansi lain baik instansi pemerintah, swasta, lembaga masyarakat, bahkan media massa.

"Untuk mewujudkan dan keberhasilan KLA, selain peran pemerintah dan DPRD yang memang sangat penting, peran masyarakat umum, perusahaan maupun media masa sangat diperlukan," ujar Hasan, panggilan akrabnya, Kamis, 17 November.

Peran banyak pihak sangat diperlukan karena  diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya partisipasi anak dalam pengambilan kebijakan, khususnya yang berkaitan dengan masa depan anak.

KLA merupakan sistem pembangunan yang berpihak pada anak untuk mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, keluarga dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Ia melanjutkan, guna menciptakan kabupaten/kota layak anak, maka diperlukan dukungan anggaran maksimal agar berbagai program kerja dapat berjalan baik, karena kegiatan yang tanpa diimbangi dengan anggaran, maka kegiatan tersebut akan tersendat pekerjaannya.

"Dari sebanyak 24 indikator KLA, untuk kabupaten/kota di Kaltim sebagian sudah terpenuhi, meskipun belum semua seperti peraturan daerah yang termuat di perda. Untuk persentase anak yang diregistrasi dan mendapat akta kelahiran pun telah dilaksanakan," ujar Hasan. (Ghofar/ Adv/ DPRD Kaltim)
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022