Nunukan (ANTARA Kaltim) - Jajaran Tentara Nasional Indonesia dari Angkatan Dasar mengelar baksi sosial di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Komandan Kodim 0911 Nunukan, Letkol Inf Putra Widiastawa di Nunukan, Rabu menjelaskan bakti sosial dijadwalkan 23-28 Oktober 2013 berupa pelayanan kesehatan gratis dengan kegiatan berupa pengobatan penyakit katarak, bibir sumbing, sunatan massal, pengobatan umum seperti gigi dan pengecekan golongan darah.

Pelaksanaan di Pulau Nunukan dan Sebatik bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Nunukan yang direncanakan Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Dicky W Usman,SIP,MSi bertindak sebagai inspentur upacara pada saat pencanangan bakti sosial ini pada 27 Oktober 2013.

Khusus untuk pengobatan penyakit katarak, Putra menerangkan hari ini mulai melakukan pendataan dan pemeriksaan awal guna memastikan apakah akan dioperasi atau tidak.

Ia menambahkan, kegiatan bakti sosial ini merupakan program kerja Kodam VI Mulawarman yang masih termasuk rangkaian peringatan HUT TNI ke 68 tahun 2013.

Tujuannya, lanjut dia, adalah dalam rangka pelayanan atau pengobatan kesehatan gratis bagi masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di daerah itu yang disponsori MNCTv grup.

"Kegiatan yang akan kita laksanakan ini merupakan program kerja Kodam VI Mulawarman yang masih berkaitan dengan peringatan HUT TNI ke 68 (2013)," kata Putra.

Terkait dengan tenaga medis yang akan dilibatkan berasal dari TNI AD sendiri dan diback up oleh instansi terkait dari Pemkab Nunukan terutama penentuan lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Putra juga mengemukakan, pada kegiatan ini akan diikuti juga dari Kabupaten Malinau, Kota Tarakan dan Bulungan yang akan dimobilisasi oleh pemerintah daerah masing-masing.

"Jadi kegiatan ini dipusatkan di Kabupaten Nunukan dan akan diikuti pula dari Kabupaten Malinau, Tarakan dan Bulungan," katanya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013