Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun mengatakan dalam memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November hendaknya menjadi tauladan dan contoh semangat berjuang, berkorban serta menjaga persatuan.

“Momentum Hari Pahlawan untuk mengenang jasa, semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Samsun di Samarinda, Kamis.

Politikus PDI Perjuangan ini  menyerukan khususnya kalangan pemuda untuk mengisi kemerdekaan  dengan berbagai kegiatan positif, membangun demi terwujudnya tatanan masyarakat yang maju, adil dan makmur.

“Saya mengucapkan selamat Hari Pahlawan. Dengan semangat kepahlawanan mengajak masyarakat Kaltim khususnya dan Indonesia umumnya untuk menjadi pahlawan dalam pembangunan sesuai bidangnya masing-masing,” ucap Samsun.

Dia menyebutkan, bangsa Indonesia yang besar tidak serta merta berdiri begitu saja, melainkan telah melewati proses perjuangan yang panjang. Para pahlawan dengan semangat perjuangan yang tinggi.

Menurutnya, proses perjuangan yang panjang dengan pengorbanan darah dan keringat para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan harus dipahami seluruh masyarakat Indonesia terutama kalangan pemuda.

Lanjutnya, jika seluruh elemen masyarakat betul-betul memahami sejarah perjuangan bangsa Indonesia, maka tidak mudah terpengaruh dengan adanya paham radikalisme, paham khilafah yang sifatnya akan mengubah ideologi bangsa dan negara.

“Jadi tugas generasi muda  dalam mengisi kemerdekaan melakukan kegiatan positif, membangun bangsa lebih baik. Artinya pemuda mempunyai kesempatan menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing,” kata Samsun. (Rahmad/ADV/DPRD Kaltim)

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022