Samarinda (ANTARA Kaltim) - Bendera Merah Putih raksasa berukuran 2.028 meter untuk acara pemecahan rekor dunia pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional 28 Oktober 2013 di Palaran, Samarinda, segera dikirim ke Samarinda dalam waktu dekat.

Koordinator acara spektakuler Hari Sumpah Pemuda Haris Handaya Putra di Samarinda, Minggu, mengatakan dalam waktu dua atau tiga hari ini, bendera dengan ukuran lebar 70 meter dan lebar 30,4 meter dengan luas 2.028 meter tersebut akan dikirim ke Samarinda.

"Informasi bendera yang dipesan di Surabaya, Jawa Timur tersebut sudah selesai, dan saat ini sudah dalam proses pengiriman, mungkin tanggal 22 Oktober barang sudah ada di Samarinda," terang Haris.

Menurut Haris, bendera Merah Putih raksasa itu akan dikibarkan dengan teknik refling, yakni bakal diturunkan dari atap Stadion Palaran, Samarinda, menuju ke bawah di tempat pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional dilaksanakan.

"Makanya bendera raksasa tersebut nantinya akan digulung di atas atap stadion dengan ketinggian kurang lebih 100 meter untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan," jelas Haris.

Dikatakan Haris, bendera Merah Putih raksasa itu, nantinya bakal dihiasi oleh bendera dari seluruh kontingen jambore pemuda nasional dengan ukuran lebih kecil.

"Mungkin bendara peserta jambore itu akan menempel di salah satu sisi bendera Merah Putih, yang akan dikibarkan pada saat acara," tegas Haris.

Sejauh ini, menurut Haris, belum ada kendala teknis terkait pelaksanaan persiapan acara spektakuler tersebut.

Karena meski bendera untuk pemecahan rekor dunia tersebut belum ada, namun personil tim pengibar bendera sudah melakukan latihan dengan menggunakan replika bendera merah putih dengan ukuran 1.000 meter.

"Bendara yang kami gunakan pada proses latihan ini merupakan bekas bendera yang digunakan pada saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur," tegas Haris.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013