Manajemen Pertamina mengunjungi SMA Negeri 8 dan SMA Negeri 3, dua sekolah negeri yang dekat dengan Kilang Balikpapan, Kamis.  
 

Di depan puluhan siswa SMA Negeri 3 yang duduk lesehan, Pejabat Sementara General Manager (GM) Kilang Balikpapan Febrian Dwi Prastyo bercerita apa saja yang dilakukan para karyawan di dalam area kilang.

“Kilang itu tempat membuat bahan bakar minyak atau BBM. Bahan bakunya minyak mentah,” urai GM Febrian.

Minyak mentah berasal dari sumur-sumur minyak di dalam dan luar negeri. Minyak mentah ditampung ditangki-tangki besar. Sebagian ditampung di Terminal Lawe-lawe di Penajam, dan dialirkan dengan pipa ke Kilang, melintasi antara lain Teluk Balikpapan.

Di Kilang Balikpapan minyak mentah diolah, dijadikan bahan bakar siap pakai seperti pertamax, pertalite, dan solar pertadex.

Produk jadi juga ditampung di tangki-tangki besar yang terlihat dari Jalan Minyak, atau Jalan Yos Sudarso.

“Tugas kami di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) adalah membuat minyaknya. Kalau menjual minyaknya atau produknya, itu tugas PT Pertamina Patra Niaga,” lanjut GM Febrian.

Dia juga menjelaskan, perusahaan berkontribusi secara sosial dan lingkungan selain memastikan kedaulatan negara di bidang energi tetap terjamin.

Apa yang dipaparkan GM Febrian, sebagian dijadikan pertanyaan dalam kuis berhadiah handphone.

Meski semua tampak bersemangat menjawab, pemenang handphone hanya tiga di setiap sekolah.

GM pun berharap pemahaman siswa tentang Pertamina semakin meningkat dan satu saat kelak, nanti ada mereka yang ikut kegiatan ini, menjadi pekerja Pertamina.

Kepala SMAN 8 Ali Arham mengapresiasi kunjungan Pertamina Kilang Balikpapan tersebut.

“Bagus buat anak-anak,  wawasan mereka jadi lebih luas dan terbuka,” kata Arham.

“Dan kapan-kapan, giliran anak-anak yang berkunjung ke Kilang untuk melihat langsung apa yang diceritakan tadi,” kata Kepala SMAN 3 Wahyudi.

Dalam kesempatan itu, PT KPI Unit Balikpapan menyerahkan bantuan sebuah laptop dan satu proyektor untuk masing-masing sekolah.

Kegiatan kunjungan ke sekolah ini sebagai bagian dari acara memeriahkan ulang tahun ke-5 KPI.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022