Dua investor bidang industri berminat tanamkan modal di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan saat ini tengah melakukan pegurusan perizinan, kata Pelaksana tugas Bupati setempat Hamdam Pongrewa.
 
Sampai saat ini sudah ada dua investor (pemilik modal) di bidang industri menurut Hamdam Pongrewa di Penajam, Selasa, yang menyatakan minat menanamkan modal (berinvestasi) di  Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Kedua investor tersebut bakal membangun pabrik baterai dan pabrik soda ash (natrium karbonat/Na2Co3), saat ini sedang melakukan pengurusan perizinan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal mempermudah setiap pengurusan perizinan perusahaan yang berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Bentuk kemudahan yang diberikan jelas dia, adalah dengan mempercepat proses perizinan yang ada dalam kewenangan pemerintah kabupaten.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan Kawasan Industri Buluminung atau KIB di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam untuk pengusaha yang akan menanamkan modal di bidang industri.
 
Kawasan Industri Buluminung milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berada di atas lahan sekitar 70 hektare, termasuk Pelabuhan Benuo Taka.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam saat ini menyiapkan lahan sekitar 9.000 hektare di kawasan industri tersebut, dan berencana membebaskan lahan guna memperluas kawasan industri sehingga memudahkan investor melakukan pengembangan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga sedang menyusun RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) KIB, karena dengan pemindahan IKN Indonesia tersebut dipastikan bakal banyak investor yang akan berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyatakan siap menyambut pengusaha yang hendak berinvestasi.
 
"Kami siap sambut investor karena dapat tingkatkan PAD (pendapatan asli daerah) dari investasi yang masuk," ujar Hamdam Pongrewa.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022