Tawau, Malaysia, (ANTARA Kaltim)- Pasar tradisonal Tawau Negeri Bagian Sabah Malaysia ramai dikunjungi warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menjelang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah.

Jamaluddin, warga Kabupaten Nunukan di Tawau, Senin, mengungkapkan bahwa setiap akan melaksanakan hari raya lebaran WNI yang tinggal di Kabupaten Nunukan selalu ramai berbelanja di pasar-pasar di Tawau.

Menurut dia, telah menjadi kebiasaan warga Kabupaten Nunukan mengunjungi pasar-pasar di negara tetangga tersebut untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari terutama saat akan lebaran.

Jamaluddin juga mengatakan walaupun hari libur di Indonesia tetap saja ada kapal angkutan resmi yang berangkat ke Tawau mengangkut khusus warga Nunukan yang hendak berbelanja.

"Selama ini setiap akan lebaran, pasti banyak warga Nunukan yang berbelanja untuk kebutuhan hari raya," ujar Jamaluddin.

Hal yang sama dikatakan Nureda, warga Kabupaten Nunukan lainnya yang ditemui di Tawau. Ia menyatakan, meskipun hampir setiap hari mengunjungi Tawau tetapi hari itu (Senin) datang khusus untuk berbelanja kebutuhan hari raya Idul Adha 1434 Hijriah.

"Hari ini saya datang bersama anak-anak khusus untuk belanja kebutuhan lebaran besok," ucap dia.

Nureda mengemukakan dirinya sengaja ke Tawau berbelanja karena harga kebutuhan lebaran di Kabupaten Nunukan agak mahal seperti daging dan ayam segar.

Ia membandingkan harga ayam kampung di Kabupaten Nunukan dua hari sebelum lebaran mencapai Rp80.000 per kilogram sedangkan di Tawau hanya Rp50.000 per kilogram atau 12 ringgit Malaysia.

Pantauan Antara di Pasar Tanjung dan Pasar Ikan Tawau tampak dipadati warga Kabupaten Nunukan yang sedang berbelanja memenuhi kebutuhan memasuki Hari Raya Idul Adha. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013