Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang berisi 669 buku elektronik dari berbagai kategori buku, pelajar, umum, hingga kategori buku untuk anak berkebutuhan khusus.

"Bagi pelajar, mahasiswa, masyarakat umum yang mau baca buku perpustakaan, sekarang kita sudah ada perpustakaan digital," kata Kabid Akuisisi dan Layanan Pustaka  DKP Paser Ningsih, di Tanah Grogot, Rabu (26/10).

Perpustakaan dapat diakses melalui situs https://kubuku.id/download/ipasermas, kemudian akan diarahkan untuk  mendownload aplikasi yang diberi nama Ipasermas. Kemudian  pengunjung akan diminta mengisi data untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan digital.

Menurutnya, ratusan buku elektronik yang tersedia antara lain kategori buku SMA, studi pengajaran, seni, pendidikan, agama, umum, filsafat, anak berkebutuhan khusus, teknik dan arsitektur, bahasa dan sastra, serta sosial.

Lanjutnya,terdapat juga buku kategori pustaka anak, manajemen, hukum, pertanian perkebunan peternakan dan kelautan, ilmu terapan, matematika dan sains, ekonomi, pariwisata tata boga tata busana, kehutanan, psikologi, statistik, dan kesehatan.

"Terobosan ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses buku tanpa harus datang ke perpustakaan," kata Ningsih.

Aplikasi ini, kata dia, baru diluncurkan dua hari ini dan telah disosialisasikan kepada pelajar dan pengunjung perpustakaan.

Dikemukakannya, buku elektronik juga bisa menjadi solusi atas permasalahan keterbatasan ruangan untuk menampung buku dalam jumlah banyak. Sementara kalau buku non elektronik mudah rusak dan sobek.

Dia mengajak masyarakat Kabupaten Paser untuk mengunduh aplikasi tersebut. Dengan demikian ia berharap terjadi peningkatan minat baca masyarakat.

"Kalau mau usul ada buku baru bisa juga disampaikan di aplikasi, nanti akan menjadi masukan kami untuk pengadaan buku elektronik baru," tutupnya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022