Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Berau Feri Komobong meminta kepada pihak perusahaan untuk memberdayakan tenaga lokal untuk mengurangi atau menekan jumlah angka pengangguran di daerah setempat.

"Jangan sampai kita menjadi penonton di daerah ini, artinya sumber daya alam (SDA) yang kita miliki saat ini sudah dieksploitasi, tetapi kita tidak diberdayakan hanya menjadi penonton alangkah ironis jika ini terjadi," kata Feri Kombong di Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Selasa.

Ia mengatakan, apalagi nanti telah pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kaltim, pastinya jumlah penduduk  di Kaltim akan bertambah dan  pasti banyak pencari kerja sehingga  terjadi persaingan dengan para pendatang.

Oleh karena itu dirinya selalu mendorong, bagaimana kepada semua perusahaan untuk lebih mengutamakan karyawan lokal untuk diberikan pekerjaan di perusahaan yang beroperasi di daerah ini.

“ Masalah pengangguran ini menjadi  tanggung jawab kita bersama, mendesak semua perusahaan yang ada di Kabupaten Berau  untuk lebih memberdayakan tenaga kerja lokal,” ucapnya.

Feri  mengingatkan kepada semua pihak untuk bersama-sama mendorong dan berupaya menekan angka pengangguran. Tingginya angka pengangguran dapat menimbulkan dampak negatif tidak hanya masalah ekonomi , tetapi juga bisa memicu kerawanan sosial.

Menurutnya pengangguran identik dengan rendahnya pendapatan dan kesejahteraan maka menimbulkan berbagai masalah sosial.

“Oleh karena itu bagaimana kita menciptakan lapangan kerja sendiri, kita punya sumber daya dan potensi yang melimpah di Kabupaten Berau  yang luar biasa," imbaunya.(Adv/DPRD Berau)
 

Pewarta: Indra

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022