Sejumlah Atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) VXI Provinsi Kalimantan Timur mulai berdatangan dua pekan sebelum perhelatan olahraga pelajar ini dimulai pada 22 Oktober di Kabupaten Paser sebagai tuan rumah.

“Kabupaten Paser sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan segala keperluan atlet yang datang, meski POPDA baru dimulai 22 Oktober,“ kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Muksin saat menggelar konferensi pers  di Tanah Grogot , Senin  (10/10)

Dikatakan Muksin, atlet yang sudah berdatangan itu karena mereka masuk dalam cabang olahraga (cabor) yang mulai bertanding sebelum acara pembukaan POPDA.

Ia menyebutkan, atlet yang sudah datang terlebih dahulu diantaranya atlet Cabor gulat, karena lusa sudah mulai bertanding.

Menurut Muksin, pekan olahraga pelajar ini akan melibatkan 1.886 orang yang terdiri  atlet dan official.

Dikemukakannya, sebagai tuan rumah, Kabupaten Paser telah mempersiapkan sarana dan prasana seperti venue, tempat penginapan, hingga transportasi.

“Panitia telah menyiapkan 17 kamar,  konsumsi untuk 50 atlet dan 12 kendaraan  untuk mobilisasi para atlet,” katanya.

Muksin menjelaskan, POPDA Kaltim tahun 2022 akan berlangsung  mulai tanggal 22 sampai 28 Oktober. Adapun acara pembukaan akan digelar di Gentung Temiang dan dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor.  

"Acara pembukaan  nantinya akan dimeriahkan dengan penampilan karnaval drum band, tari-tarian daerah, senam dari pelajar SD dan artis ibukota,' katanya.

Dia berharap selama penyelenggaraan POPDA VXI berjalan lancar dan para atlet diharapkan  menjunjung tinggi sportivitas.

"Harapan kami POPDA dapat melatih dan memberi pengalaman para pelajar untuk menjadi atlet profesional sembari mempersiapkan diri mengikuti even atau kejuaraan olahraga yang lebih tinggi," kata Muksin.

Bukan hanya pada aspek perkembangan atau kemajuan olahraga, Muksin berharap ajang POPDA jga menjadi ajang promosi memperkenalkan Kabupaten Paser ke khalayak luas.

"Banyak tempat wisata seperti museum Sadurengas, Gunung Embun, Kampung Warna Warni, Pasir Mayang, Goa Tengkorak,  dan banyak lagi tempat wisata bisa dikunjungi para kontingen POPDA. Kita sudah siapkan kendaraan beserta pemandu wisata, mereka juga bisa menikmati kuliner khas Paser," kata Muksin.

 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022