Bandar Udara (Bandara) Internasional Sepinggan Balikpapan kembali menjadi bandar udara terbaik di tingkat internasional di kelas 5-15 penumpang per tahun. Bandara Sepinggan sudah mempertahankan gelar di ajang Airpost Service Quality Awards (ASQ) sebanyak  5 kali  berturut-turut dalam lima tahun.
 

“Tahun ini saya menerima langsung penghargaan yang diserahkan di Krakow, Polandia di ajang ACI Customer Experience Global Summit 2022 pada 15 September,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Sepinggan, Rika Danakusuma sebagai pengelola Bandara Sepinggan, Rabu.

Ia menjelaskan, ASQ diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI), Dewan Bandara Internasional yang berkantor pusat di Montreal, Kanada. ACI beranggotakan 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang tersebar di 185 negara di dunia.

Menurutnya, penghargaan yang diterima Bandara Sepinggan sekarang merupakan hasil penilaian sepanjang tahun 2021. Secara resmi, Bandara Sepinggan disebut sebagai Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region.

Kesuksesan mempertahankan gelar terbaik 5 tahun berturut-turut itu membawa Bandara Sepinggan juga diganjar penghargaan The Airpost Council General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality.

“Kami menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang menerima penghargaan ini,” kata GM Rika.

Ia menambahkan, penghargaan tersebut telah membayar tunai jerih payah yang telah diberikan para insan Bandara Sepinggan. Penghargaan itu juga menjadi energi baru untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa.

“Saya sampaikan terima kasih kepada para pihak di Bandara Sepinggan, yang telah berjuang. Juga terimakasih kepada Pemerintah Kota dan pemangku kepentingan lainnya, terutama juga kepada warga Balikpapan para pihak lainnya yang berkontribusi dalam pencapaian dan menjaga prestasi ini,” ujar Rika.

Mengutip rilis resmi, ACI World Director General Luis Felipe de Oliveira menyampaikan rasa bangganya atas upaya pengelola bandara di dunia dalam memberikan layanan kepada pengguna jasa.

"Setelah tahun kedua wabah COVID-19, pemenang ASQ Awards di tahun penilaian 2021 ini adalah cerminan dari kepemimpinan dalam masa paling menantang dalam sejarah industri penerbangan.

Kami sangat bangga atas upaya kepemimpinan yang luar biasa dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan," ujarnya.

Pada pemberian ASQ Award kali ini PT Angkasa Pura I menjadi penerima Award terbanyak di Indonesia dengan perolehan 6 Award dari 15 bandara yang dikelolanya.

Selain Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Bandara penerima penghargaan pada ASQ Awards 2021 adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Yogyakarta untuk kategori "Best Airport by Size and Region: 5 to 15 Million Passengers per Year in Asia-Pacific"; Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta untuk kategori "Best Airport by Size and Region: 2 to 5 Million Passengers per Year in Asia-Pacific"; serta Bandara Pattimura Ambon untuk kategori "Best Airport by Size and Region: Under 2 Million Passengers per Year in Asia-Pacific".

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022