Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) membangun jalinan kerja sama di bidang ekonomi pertanian.


Bupati Kabupaten Mamuju Sutinah Suhardi melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bontang Basri Rase untuk membahas kerja sama ekonomi bidang pertanian di Kota Bontang, Kamis.

Bupati Mamuju Sutinah Suhardi mengatakan Mamuju dan Kota Bontang memiliki posisi geografis yang berdekatan dengan dibatasi Selat Makassar, sehingga kedua wilayah tersebut berpeluang membangun kerja sama ekonomi pertanian.

Ia mengatakan Kota Bontang juga merupakan daerah yang berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang dibangun pemerintah pusat mulai tahun ini.

Menurut dia, dengan posisi tersebut maka Bontang berpotensi membangun kerja sama ekonomi dengan Mamuju. Apalagi kedua daerah memiliki hubungan emosional karena separuh penduduk Bontang adalah warga Mamuju.

"Sehingga kerja sama transportasi laut akan dimulai dibangun antara Mamuju dan Bontang, dan kemudian akan dilanjutkan dengan kerja sama perdagangan dan membangun kerjasama ekonomi di bidang pertanian," katanya.

Menurut dia, Mamuju merupakan daerah penghasil pangan dan sejumlah komoditi pertanian yang berpeluang dipasarkan di wilayah Kota Bontang dan daerah lainnya di Kalimantan serta memenuhi kebutuhan pangan IKN.

"Potensi kerja sama ini akan dikomunikasikan kepada pemerintah pusat untuk membantu kebutuhan infrastruktur yang dapat mendukung kerja sama tersebut, dengan tujuan kedua daerah akan mampu membangun ekonominya," katanya.

Wali Kota Bontang Basri Rase juga mengaku menginginkan kerja sama dengan Pemkab  Mamuju di bidang ekonomi pertanian karena daerah itu penghasil pangan, seperti beras, jagung, dan kedelai maupun komoditi ternak.

"Mamuju merupakan daerah paling dekat dengan Bontang serta IKN, sehingga suplai pangan sangat diharapkan, sehingga potensi kerja sama Bontang dan Mamuju diharapkan dapat terbangun," katanya.

Ia berharap pejabat pemerintah di kota Bontang dan pejabat pemerintah di Mamuju dapat memulai melaksanakan rencana pembangunan untuk mendorong kerja sama ekonomi daerah.

"Pemerintah di Mamuju dan Kota Bontang selanjutnya akan terus melakukan pertemuan membahas upaya kerjasama ini, yang diharapkan dapat segera terwujud," katanya.

Pewarta: M.Faisal Hanapi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022