Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 4.565 pelajar kurang mampu mulai jenjang SD hingga SLTA dan yang sederajat di Provinsi Kaltim dan Kaltara pada tahun anggaran 2013 mendapat beasiswa dari Pemprov Kaltim melalui Program Beasiswa Kaltim Cemerlang.

"Beasiswa tersebut untuk pelajar dari 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara), masing-masing jenjang tidak sama nilai beasiswa yang diberikan," ujar Bohari Yusuf, Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang di Samarinda, Selasa.

Rinciannya adalah untuk 100 pelajar SLTA kurang mampu di Kota Tarakan dengan masing-masing siswa mendapat Rp720 ribu, sehingga total beasiswa dari Pemprov Kaltim untuk siswa di Tarakan sebanyak Rp72 juta.

Nama-nama pelajar di Tarakan yang mendapat beasiswa itu antara lain Agustinus dari SMK Nusantara, Alawiyah dari MA Al-Khairat, Anifah Toding dari SMAN 3, dan Arif Rahman Hasan dari SMKN 1.

Kemudian beasiswa untuk 28 siswa SMA di Kabupaten Tana Tidung dengan nilai Rp720 ribu per siswa sehingga total Rp20,16 juta. Penerimanya antara lain Belarina dari SMAN 1 Sesayap, Deni Saldi dari SMAN 1 Sesayap Hilir, dan Mahendra Gunawan dari SMAN 1 Sesayap.

Selanjutnya untuk 110 siswa SLTA di Kota Samarinda yang nilai sama dengan daerah lain untuk masing-masing anak, sehingga total beasiswa miskin atau kurang mampu yang dikucurkan bagi siswa di Samarinda senilai Rp79,2 juta.

Di antara nama-nama penerima beasiswa kurang mampu dari Samarinda itu adalah A Rahman Sidik dari SMKN 2, Abdul Rizki dari SMKN 2, Agus Hidayat dari SMAN 5, Ayu Sri Lestari dari SMKN 17, Chairini dari MA As - Sadiyah, Dewi Fitriani dari SMAN 2, dan Elisabet Agustina dari SMK Medika.

Kemudian untuk 93 siswa SLTP di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang masing-masing pelajarnya mendapat beasiswa Rp600 ribu, sehingga total APBD Kaltim 2013 yang digulirkan untuk siswa SMP di PPU sebanyak Rp55,8 juta.

Nama-nama penerimanya antara lain Yuni Susilawati dari SMPN PPU, Yospin Febriani dari SMP 21, Tania Dwi dari SMPN 15, Siti Nurainun dari SMPN 22, Riska Tinaldi dari SMP ITCI, Rahmat Aditia dari SMP Muhammadiyah 2, dan Nor Fajrin dari SMP Al-Muzzammil.

Selanjutnya beasiswa kurang mampu untuk 262 siswa SD di Kabupaten Paser yang masing-masing anak mendapat beasiswa Rp480 ribu, sehingga total beasiswa kurang mampu dari Pemprov Kaltim untuk siswa sekolah dasar di Paser sebanyak Rp125,76 juta.

Di antara nama-nama penerima dari Paser itu adalah Anjelina Maya Sivia dari SDN 004 Muara Samu, Bahrul dari SDN 05 Batu Engau, Dea Virnanda dari SDN 23 Tanah Grogot, Eko Sukirman dari SDN 9 Long Kali, dan Jumiati dari SDN 05 Tanjung Harapan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013