Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Makmur HAPK memaknai HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bukan sekedar peringatan saja, melainkan semangat dan perjuangan di masa sebelum kemerdekaan.
 

"Bagaimana semangat para  pendahulu kita yang tidak mengenal lelah, mengorbankan harta benda, tenaga, bahkan semua apa yang dimiliki demi kemerdekaan RI," kata Makmur di Samarinda, Kamis.

Menurutnya, kata "berkorban" sudah jarang ditemui di masa sekarang. Ia menginginkan penyelenggara pemerintahan yang saat ini bisa terinspirasi dari apa yang telah dimiliki para pendahulu termasuk kebersamaan persatuan dan kesatuan.

"Saya yakin kalau kita mengintropeksi diri  dan terinspirasi pada apa yang dimiliki para pendahulu kita, kemerdekaan akan terisi dengan rasa kedamaian. Insyaallah akan berjalan baik dan sukses," tuturnya.

Makmur  mengimbau seluruh masyarakat khususnya generasi muda agar dapat terus bersemangat dalam menghadapi berbagai masalah, terutama pandemi COVID-19 yang hingga kini belum  pulih seutuhnya.

Diharapkan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ,  kembali  bersemangat  apalagi  saat ini  kita  mulai bangkit kembali setelah dilanda COVID- 19 dalam dua tahun terakhir.

Ia memaparkan, Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang kental dengan bersosialisasi. Terjadinya pandemi COVID-19 mengakibatkan masyarakat hampir tidak bertemu. Turunnya kasus COVID- 19 kembali mengobarkan semangat rasa kebersamaan sebagai modal dasar ke depan mengisi kemerdekaan.

"Insyaallah kalau itu kita miliki, apa yang menjadi cita-cita  bersama yaitu masyarakat yang sejahtera, makmur dan segala sesuatu program yang diinginkan telah disusun oleh pemerintah  akan bisa kita  wujudkan bersama," ucapnya.

Sebelumnya Makmur  juga hadir pada upacara detik-detik Proklamasi  HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Gelora Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Rabu (17/8/2022).

"Saya berterima kasih pada pasukan pengibar bendera yang datang dari berbagai kabupaten/kota se-Kaltim, semangat  dan pengorbanan seperti  itu sungguh luar biasa," pujinya.

Pewarta: R'sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022