Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan aneka lomba yang dikemas dalam Pekan Olahraga Perbankan (Porbank) untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 


"Porbank dalam rangka peringatan sekaligus menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ini berlangsung dari tanggal 13 Agustus dan puncaknya dilaksanakan pada 3 September 2022," ujar Ketua BMPD Provinsi Kaltim Ricky Perdana Gozali di Samarinda, Senin. 

Ricky yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltim ini melanjutkan, BI Kaltim, Otorita Jasa Keuangan (OJK) Kaltim, dan 32 bank di Kota Samarinda turut berpartisipasi pada Porbank tahun ini. 

Sebanyak 34 peserta Porbank tersebut dibagi dalam delapan grup yang siap untuk memperebutkan medali pada berbagai cabang perlombaan baik olahraga, ekonomi kreatif, maupun seni. 

Sejumlah cabang yang dilombakan antara lain badminton, futsal, fotografi, smule, pemilihan putra putri BMPD, berbagai permainan olahraga tradisional, termasuk fashion yang diperagakan oleh para pimpinan perbankan.

"Melalui Porbank diharapkan dapat membangkitkan bakat dan talenta para insan perbankan, baik dalam bidang seni maupun olahraga sehingga bisa mewakili instansi dalam berbagai ajang bergengsi lainnya," ucap Ricky. 

Menurutnya, Porbank ini merupakan pelaksanaan yang pertama sejak dua tahun vakum karena adanya pandemi COVID-19, sehingga melalui giat ini diharapkan bisa membantu membangkitkan perekonomian. 

Selain untuk memeriahkan dan memperingati HUT RI, lanjutnya, Porbank diharapkan dapat bermanfaat untuk menjalin kembali kebersamaan dan sinergi yang baik dalam mendukung pemulihan ekonomi. 

Seluruh peserta diharapkan tetap menjunjung sportivitas selama kegiatan berlangsung, yakni ditandai dengan pembacaan Janji Atlet oleh perwakilan kontingen yang dibacakan pada rangkaian pembukaan Porbank pada Minggu, 14 Agustus.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022