Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi mengajak seluruh masyarakat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan meriah melalui semangat membangun Kota Samarinda, Kaltim, menjadi lebih baik.


"Bukan pestanya, tetapi semangat untuk kemudian membangun Samarinda menjadi lebih baik ke depan," kata Rusmadi di Samarinda, Sabtu.

Dijelaskannya, semangat membangun kota yang dikenal dengan sebutan Kota Tepian menjadi lebih baik harus dengan bekerja secara serius, membangun kebersamaan silaturahmi, membantu menjaga kebersihan sampah, ketertiban lalu lintas dan ketertiban secara umum.

Sebagai informasi, HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretariat Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022.

Tema tersebut diambil mengingat kurang lebih sudah dua tahun Indonesia menghadapi tantangan dan persoalan yaitu pandemi COVID-19 yang membuat kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi bagi seluruh masyarakat.

Selain itu, tema tersebut juga merefleksikan bagaimana dasar negara seperti nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada untuk bersama-sama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tidak ada pilihan selain bersemangat menatap kehidupan ini dengan lebih baik dan kita bersyukur geliat ekonomi sudah semakin besar," tutur Rusmadi.

Ia menambahkan, Pemkot Samarinda saat ini sedang bersemangat membangun Rukun Tetangga (RT) melalui program andalan Wali Kota Samarinda Andi Harun yang langsung menyentuh masyarakat, yaitu Pro Bebaya guna memastikan geliat ekonomi yang sudah kembali bangkit ini.

"Jadi Pro Bebaya itu bukan saja infrastruktur, tetapi juga geliat ekonominya, termasuk gerakan untuk membangun badan usaha milik RT yang berbasis kelurahan ini juga berjalan," ungkapnya.

Rusmadi berharap, momentum COVID-19 bisa memberikan hikmah yang besar serta semangat bagi masyarakat untuk tidak pernah putus asa dan terus pantang mundur membangun ekonomi dan kemajuan daerah.(Advertorial)
 

Pewarta: R'sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022