Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, telah beralih status menjadi zona kuning COVID-19, setelah beberapa pekan menjadi satu- satunya wilayah di Kaltim yang berhasil mempertahankan status nihil kasus infeksi virus corona.


"Ada temuan satu pasien positif di Mahakam Ulu, sehingga berubah status ke zona kuning COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Jumat.

Andi menjelaskan di wilayah Kaltim terdapat delapan kabupaten dan kota yang berstatus zona kuning COVID-19, mendampingi Kabupaten Mahakam Ulu.

Wilayah tersebut di antaranya Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Penajam Paser Utara dan Kota Samarinda.

Dua wilayah lainnya, lanjut Andi, yakni Kota Balikpapan dan Kota Bontang dalam status zona merah.

Andi mengungkapkan berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim per 12 Agustus 2022, terjadi penambahan 52 kasus positif, 68 kasus sembuh dan untuk kasus meninggal dunia tidak ditemukan kasus baru.

Dengan adanya tambahan kasus baru itu, menjadikan jumlah keseluruhan pasien positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim berjumlah 471 orang.

" Pasien positif dirawat terbanyak berada di Balikpapan dengan jumlah 228 orang, disusul Bontang 145 orang, dua wilayah tersebut berstatus zona merah," jelas Andi.

Sedangkan pasien dirawat lainnya di Samarinda 21 orang, Kutai Timur 21 orang, Kutai Kartanegara 19 orang, Penajam Paser Utara 14 orang, Berau 12 orang, Kutai Barat 6 orang, Paser 4 orang dan Mahakam Ulu 1 orang.

" Kami terus mengingatkan kepada masyarakat pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari, karena perlu di ingat pandemi ini belum berakhir," jelas Andi.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022