Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur berpotensi besar masuk ke zona hijau COVID-19, karena pasien terkonfirmasi positif di wilayah tersebut hanya tersisa satu orang pasien, berdasarkan penginian data kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim sampai dengan Senin.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan wilayah Kaltim yang masuk dalam zona hijau saat ini baru  Kabupaten Mahakam Ulu, dari total sepuluh Kabupaten dan Kota yang ada di Kaltim.

"Kami berharap Kutai Barat segera menyusul Mahakam Ulu sehingga ada dua wilayah Kaltim yang telah terbebas dari virus corona," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi mengatakan penyebaran kasus positif tertinggi terjadi di Balikpapan dengan jumlah pasien positif dirawat 218 orang dan disusul Bontang dengan pasien positif 74 orang.Dua wilayah tersebut berstatus zona merah COVID-19.

Samarinda menempati peringkat ketiga dengan jumlah pasien positif dirawat sebanyak 30 orang, Samarinda berstatus zona oranye.

Sedangkan enam wilayah Kaltim lainnya dalam status zona kuning, diantaranya, Kutai Timur dengan 22 pasien positif, Berau 14 pasien positif, Kutai Kartanegara 14 pasien positif, Paser 12 pasien positif, Penajam Paser Utara 8 pasien positif dan Kutai Barat 1 pasien positif.

" Jumlah keseluruhan pasien positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 396 orang," kata Andi.

Andi mengungkapkan bahwa hingga saat ini perkembangan kasus pandemi di Kaltim terus mengalami grafik kenaikan, seperti pada update kasus harian telah terjadi tambahan 50 orang terkonfirmasi positif dan 25 orang dinyatakan sembuh.

Dengan kondisi tersebut, Andi mengharapkan masyarakat lebih waspada khususnya dalam melaksanakan protokol kesehatan.

" Kami juga ingatkan kepada masyarakat untuk aktif melaksanakan vaksin hingga dosis kr tiga, mengingat saat ini sudah ada wacana bakal adanya vaksin ke empat," jelas Andi.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022