Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, melalui Perumda Ellung Mangenre, mengirim ratusan ekor sapi ke Kalimantan Timur menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Pengiriman sapi kurban secara bertahap ini sudah dimulai awal pekan dan terus berlanjut hingga setelah hari raya," kata Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi menanggapi suplai sapi dari Kabupaten Bone, Selasa.

Dia mengatakan, pengiriman sapi jantan yang difasilitasi Perumda itu terlebih dahulu diperiksa kesehatan secara lengkap sebelum diberangkatkan ke Kaltim.

Salah satu lokasi pengumpulan komoditi sapi itu berada di Lapangan Sepak Bola Desa Lompu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone.

Fahsar mengimbuhkan, Kabupaten Bone merupakan lima kabupaten di Indonesia yang memiliki populasi sapi ternak terbesar di Indonesia.

Karena itu, Perumda Balikpapan menjalin kemitraan dengan Perumda Kabupaten Bone untuk menyuplai komoditi sapi ke Kaltim.

Sementara itu, Direktur Perumda Ellung Mangenre A Dirga Baso mengatakan, pengiriman sapi itu menindaklanjuti penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone dengan Perumda Manuntung Kota Balikpapan.

Dia mengatakan, untuk pengiriman tahap awal sebanyak 62 ekor sapi jantan di kirim ke Kota Balikpapan, kemudian menyusul 200 ekor sapi.

"Ini sesuai dengan permintaan MoU yang sudah dibangun dua bulan yang lalu," kata A Dirga.

Selain mengirim komoditi sapi jantan, lanjut dia, ke depan Perumda Ellung Mangenre Kabupaten Bone merencanakan akan mengupayakan mengirim sejumlah komoditi andalan Kabupaten Bone lainnya seperti beras, jagung dan rumput lain.



 
Suasana kegiatan acara pelepasan ratusan sapi jantan untuk memenuhi kebutuhan kurban di Kaltim pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijrian atau 2022. ANTARA/Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022