Tenggarong (ANTARA Kaltim) -  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara kembali menambah Satuan Karya (Saka) yaitu Saka Bahari, sehingga kini di Kukar sudah memiliki 7 dari 8 Saka yang harus diadakan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Peresmian pengukuhan Saka Bahari dilakukan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar DrH H Suriansyah HM di Pendopo Bupati Odah Etam Tenggarong Rabu (28/8), disaksikan Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf SH, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kaltim Drs H Hatta Zainal MSi, unsur forum pimpinan Kabupaten, para pengurus Kwarcab Kukar dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kukar.

Acara ditandai dengan pengukuhan kepengurusan Saka Bahari yang diketuai Ir Armenadi. Sebagai Ketua Saka Bahari Armenadi dalam kepemimpinannya dibantu 4 Wakil Ketua yaitu H Munawar SE yang menangani organisasi, Ir Dadang Supriyatna menangani Sapras, Drs H Marsidik menangani masalah umum organisasi dan Komandan Pos Angkatan Laut TNI Anggana menangani masalah Diklat. 

Sedang Sekretaris dipercayakan kepada Roby Indra SSos dan Bendahara Jamaludin SSos. Kepengurusan Saka Bahari ini juga dilengkapi bidang bidang diantaranya Bidang Diklat, Sarana Prasarana, Bidang Organisasi dan Bidang Umum.

Selain Bidang juga dalam kepengurusan ini dibentuk juga unit kerja teknis yang disebut Krida. Ada 4 krida terdiri dari Krida Sumber Bahari, Krida Wisata Bahari, Krida Jasa Bahari dan Krida Reksa Bahari.

Sementara di kesempatan yang sama Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal mengukuhkan struktur dan personalia Pramuka Peduli Bencana Kukar (PPBK) priode 2013-2018.

PPBK dipimpin H Darmansyah BA yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sedang Ketua Hariannya dijabat H Supeno SPd MM.

Sementara Sekretaris Umum diberikan kepada Guruh Ilyas dan Bendahara Miyardi Tri Raharjo SSos. Kepengurusan PPBK ini juga dilengkapi 4 bidang, yaitu Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup, Bidang Logistik, Bidang Pengembangan SDM dan Bidang Penanggulangan Bencana.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal mengatakan peran gerakan pramuka ke depannya semakin penting dan strategis. "Terutama dalam memacu percepatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia," ujarnya.

Di samping itu, menurut dia, gerakan pramuka tidak terbatas pada aspek pengembangan kreatifitas dan ktrampilan semata, namun lebih jauh lagi warga pramuka diarahkan menjadi generasi penerus kepemimpinan bangsa.

Oleh sebab itu gerakan pramuka harus dikembangkan  disemua jenjang dan tingkatannya agar ke depan bangsa kita mampu mempertahankan kemerdekaan  terutama keutuhan NKRI.

Sementara Wakil Bupati Ghufron Yusuf minta agar warga pramuka selalu meningkatkan kualitas diri. Sedang bagi jajaran Kwarcab Pramuka Kukar untuk selalu mendukung program strategis Pemkab yang dikemas dalam Program Gerbang Raja.

"Karena tujuan akhir program ini adalah terciptanya masyarakat Kukar yang sejahtera lahir dan batin," katanya.

Turut memberikan sambutan Ketua PPBK H Darmansyah. Sedang puncak dari  acara pengukuhan Pramuka Saka Bahari dan Pramuka Peduli Bencana ini ditandai dengan penanda tanganan prasasti Unit Crisis Center (UCC) Pramuka Peduli oleh Wabup HM Ghufron Yusuf, Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal dan Kwarcab Kukar Suriansyah HM. (*)

Pewarta: Johan A Hakim

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013