Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser menggelar aksi peduli lingkungan hidup di Tepian Kendilo Jalan Yos Sudarso, Tanah Grogot, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2022.

Aksi peduli lingkungan hidup tersebut diikuti para pegawai DLH Paser, dengan melakukan aksi bersih-bersih taman, orasi, pembacaan puisi, membagi selebaran ajakan peduli lingkungan dan ditutup dengan pembacaan maklumat aksi peduli lingkungan hidup 2022.

"Aksi ini untuk memperingati hari lingkungan hidup," kata Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari, Jumat. 

Ia mengatakan, aksi dimulai dari Kantor DLH di Jalan SI Khaliluddin dengan berjalan kaki menuju Tepian Kendilo Jalan Yos Sudarso sebagai tempat titik kumpul aksi. Selama perjalan menuju titik kumpul aksi para pegawai memunguti sampah di jalanan dan mencabut baliho atau spanduk usang yang tertancap di pepohonan. 

Menurutnya, aksi dibagi menjadi  enam tim menyusur ruas jalan Kota Tanah Grogot  sesuai rute menuju titik kumpul di Tepian Kendilo Jalan Yos Sudarso. 

Achmad Safari menjelaskan, ada pesan yang ingin disampaikan dalam aksi tersebut yaitu mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kelangsungan dan kelestarian lingkungan hidup.

"Bumi saat ini sudah semakin kritis, pencemaran dan kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana," katanya. 

Oleh karena itu tuturnya perlu keterpaduan semua komponen masyarakat untuk mengurangi dampak negatif dari degradasi lingkungan dan bersama sama sesuai kemampuan untuk melestarikannya. 

Aksi peduli lingkungan hidup  tersebut ditutup dengan pembacaan maklumat lingkungan hidup oleh Kepala DLH Paser. Isi maklumat diantaranya berisi ajakan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat,  membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di sungai, parit atau tanah. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022